Magang UI

Sebanyak 12 mahasiswa dari Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI melakukan tugas magang di KBR dan PortalKBR selama dua bulan, mulai Juni-Agustus 2014. Selama magang mereka diterjunkan langsung ke lapangan untuk meliput dan mengabarkan informasi kepada Anda semua. Ini dia pengalaman mereka saat magang di Utan Kayu. 


Apa yang pertama kali orang sangka ketika menjadi seorang reporter? Letih dan membosankan menunggu narasumber. Mungkin sebagian orang akan menjawab hal tersebut. Namun, bagi saya, yang paling luar biasa adalah ketika narasumber tersebut merupakan “aktor” negeri.


Selama ini saya hanya bisa melihat aktor dan aktris negeri dalam tayangan televisi atau foto dalam media cetak maupun internet. Sebut saja aktor dan aktris tersebut adalah Megawati Soekarnoputri, Joko Widodo, Jusuf Kalla, Kapolri Jenderal Sutarman, sampai Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan dan masih banyak lagi.


Kali ini, saya akan bercerita bagaimana seorang reporter magang berkesempatan meliput hari pemilihan presiden 2014 pada 9 Juli 2014 lalu. Siapa sangka, saya ditempatkan untuk meliput bagaimana suasana pemilu di rumah Megawati Soekarnoputri di Kebagusan, Jakarta Selatan.


Sesampainya di sana pukul 07:30, saya yang didampingi oleh reporter berita radio KBR 68H, Danu Mahardika, bertemu dengan banyak orang di depan kediaman Megawati. Mereka adalah teman-teman media dan penduduk sekitar. Yang lebih menarik, suasana TPS di depan rumah Megawati saat itu sepi dan lebih banyak yang fokus dan antusias menunggu Megawati dan keluarga keluar untuk mencoblos dan pasukan Jokowi-JK tiba.


Terlebih, kawan-kawan yang mendukung Jokowi-JK juga hadir. Seperti Wiranto, Surya Paloh, Sutiyoso, dan masih banyak lagi. Saat itu, entah saya merasa sedikit norak dengan keadaan dan bicara pada diri sendiri, “Wah….nanti ketemu Jokowi dan Jusuf Kalla.” Sama seperti penduduk lainnya yang antusias menantikan kedatangan aktor-aktor negeri. Bedanya dengan mereka, saya selalu membawa alat perekam untuk merekam apa yang akan kira-kira dibicarakan oleh sang aktor.


Sekitar pukul 14:00, saya masuk ke rumah Megawati untuk meliput Megawati, Joko Widodo, Jusuf Kalla, dan lainnya yang mengucapkan terima kasih dan berkata bahwa yakin Jokowi menang. Di akhir kesempatan, tepatnya pada pukul 16:00, saya berkesempatan untuk menunggu berbuka puasa dan berbuka puasa di kediaman Megawati bersama teman-teman media dan relawan pendukung Jokowi-JK.


Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!