konvensi UKM, YDBA, inspirasi untuk berbagi

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) menggelar acara Konvensi UKM dengan tema “Inspirasi untuk Berbagi” pada tanggal 23-24 Agustus 2013 di Gedung SMESCO, Jakarta. Selain memperingati ulang tahun ke-33, acara ini merupakan ungkapan rasa syukur sekaligus apresiasi terhadap segenap UKM mitra YDBA, yang bertujuan untuk memberikan wawasan baru yang bermanfaat untuk diterapkan dalam pengembangan bisnis UKM. Acara akan dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah Syarifuddin Hasan, dan diisi dengan kegiatan Seminar, Pameran dan Pesta UKM. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

Dalam konvensi, YDBA juga mengundang Menteri Negara Perindustrian Republik Indonesia MS Hidayat, Menteri Negara Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Mari Elka Pangestu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia Muhammad Chatib Basri, Para Pejabat Eselon I dan II Kementerian terkait, Duta Besar Kerajaan Jepang, Republik Swiss dan Kerajaan Norwegia, Pejabat Sekretariat ASEAN, Direktur BUMN dan Perusahaan Swasta, beberapa Rektor perguruan tinggi, Pimpinan Media Nasional, Direksi dan Eksekutif Grup Astra, Pembina, Pengawas dan Pengurus YDBA serta para pemilik UKM mitra YDBA dari seluruh Indonesia.

Melalui seminar, pemilik UKM yang hadir dapat mengetahui isu-isu hangat yang tengah terjadi di dunia bisnis melalui  berbagai nara sumber yang berasal dari pelaku dan asosiasi dunia bisnis. Dalam seminar juga dijelaskan tentang kebijakan dan praktek pembinaan UKM oleh pemerintah.

Selain itu, ada juga sesi berbagi pengalaman oleh UKM yang telah sukses menjalankan usahanya. Melalui pameran, pemilik UKM dapat mengetahui inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh 33 UKM Best Practice mitra YDBA yang masuk dalam kategori pertumbuhan bisnis, peningkatan kualitas produk/jasa, perusahaan yang ramah lingkungan, pengelolaan sumber daya manusia dan penerapan gugus kendali mutu.

Seminar yang dilaksanakan tanggal 23-24 Agustus ini akan membahas tentang kebijakan dan praktek pembinaan UKM di bidang manufaktur, agroindustri dan produk kreatif. Seminar hari pertama dibagi dalam tiga sesi, yaitu:

  1. Seminar UKM sebagai Value Chain Industri Manufaktur, dengan panelis Dirjen Industri Kecil dan Menengah Euis Saedah, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Sudirman MR dan Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia Gunadi Sindhuwinata.
  2. Seminar Produk Kreatif untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dengan panelis Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim, Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia Rudi Lengkong  dan Ketua Umum Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia Ambar Tjahyono.
  3. Seminar On Becoming Development Agent for the growth of MSMEs dengan panelis Deputi  Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha  Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari, Direktur Kerjasama Regional Badan Koordinasi Penanaman Modal Rizar Indomo Nazaroedin dan seorang profesional bisnis Palgunadi T Setiawan.


Sementara itu dihari kedua, seminar dibagi dalam dua sesi, yaitu:

  1. Seminar Pengembangan Agroindustri dengan panelis Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat, Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Joko Supriyono dan Pemilik Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Abah Ibin.
  2. Seminar Success Story from Grassroots dengan panelis Pemilik PT Mada Wikri Tunggal Krishna Bharata, Pemilik Chahyati Craft Endang Kurnawan dan Pemilik UKI Motor Dede Suparman (UKI Motor), serta dipandu oleh Andy F. Noya.


Pameran UKM akan menampilkan 33 UKM Best Practice mitra YDBA yang bergerak di bidang manufaktur, perbengkelan, kerajinan dan pertanian. Pameran ini bertujuan agar UKM dapat saling berbagi informasi dan pengalaman inspiratif mengenai inovasi yang telah dilakukan. Selain pameran 33 UKM Best Practice, akan ditampilkan juga pohon industri mobil Toyota, Daihatsu, sepeda motor Honda dan alat berat Patria, yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan (stakeholders) bahwa dalam membangun sebuah industri otomotif dan alat berat, UKM memiliki peran yang cukup besar.

Rangkaian acara selanjutnya dalam konvensi ini adalah Pesta UKM. Dalam pesta ini ditampilkan panggung hiburan, aneka lomba, pameran, penjualan hasil produk UKM, berbagai stan Grup Astra serta Kementerian Koperasi dan UKM. Panggung hiburan akan dimeriahkan oleh artis-artis ibukota, yaitu Wali, Fatin Sidqiah Lubis, Ayu Dewi, The Icons dan Katakita. Tidak hanya itu, ada juga beragam lomba yaitu  Painting on T-shirt (POT), membuat manik gelang serta lomba fotografi yang bisa diikuti oleh para pelajar dan masyarakat umum.

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!