Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Indonesia adalah negara kepulauan, dengan 70 persen bagiannya berupa laut. Informasi ini mungkin sudah Anda tahu sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Tapi seberapa sering Anda menyaksikan soal ini di layar lebar?

“The Mirror Never Lies (Laut Bercermin)” berupaya mengangkat sisi ini dalam film yang dirilis pada tahun 2011 ini. Sutradara Kamila Andini mencoba mengisi ruang kosong khazanah film Indonesia soal laut. Film ini mengajak penonton untuk mengenal kehidupan orang-orang laut melalui kisah Pakis dan Tayung, bagian dari Suku Bajo di wilayah laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara. 

Pakis adalah seorang anak yang berusaha menemukan sang ayah yang hilang ketika berada di laut. Lewat cermin dan ritual Suku Bajo, Pakis yakin bakal melihat bayangan ayahnya. Empat karakter utama yang dihadirkan di film ini, Pakis, ibu Pakis, sahabat Pakis serta seorang peneliti lumba-lumba saling berinteraksi dan menafsir soal laut. Ujungnya mereka sepakat kalau lautlah yang membantu mereka menemukan jati diri. 

“The Mirror Never Lies” meraih tujuh nominasi dalam Festival Film Indonesia tahun 2011, anugerah Film Terbaik dan Sutradara Terbaik untuk Kamila Andini serta Aktris Terbaik untuk Gita Novalistan. Film ini juga mendapatkan 13 nominasi dalam Festival Film Bandung 2012, memenangkan empat, termasuk penghargaan tertinggi Film Terpuji dan Sutradara Terpuji untuk Kamila Andini.

Ayo nonton film ini dalam acara Nobar, Ngobrol Bareng dan Buka Puasa bersama yang diadakan Green Radio, hari Jumat, 18 Juli 2014, mulai pukul 15.30 WIB. Ikuti informasinya di Twitter @greenradiofm 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!