Etta James adalah seorang penyanyi paduan suara gereja yang mumpuni. Ia lahir dengan nama Jamesetta Hawkins di Los Angeles, California, pada 25 Januari 1938. Ibunya, Dorothy Hawkins, melahirkan Etta pada usia 14 tahun. Berkat dukungan sang ibu, sejak usia 5 tahun, suaranya sudah berkumandang di paduan suara gereja maupun di radio. 


Etta James merupakan penyanyi lintas genre mulai dari gospel, blues, jazz, soul, R&B, sampai rock and roll. Namanya diabadikan pada Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1993, The Blues Hall of Fame pada 2001 dan The Grammy Hall of Fame pada tahun 1999 dan 2008. Dia memulai karirnya pada tahun 1954. Dia meraih ketenarannya lewat lagu-lagu seperti ‘‘The Wallflower”, “I’d Rather Go Blind”, “Tell Mama”,  “Something’s Got A Hold on Me”, dan tentu saja “At Last”. Rolling Stone menempatkannya pada peringkat ke 22 dari “100 Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa”, dan peringkat ke 62 dari “100 Artis Terbaik Sepanjang Masa” versi majalah itu.


Buat Anda yang ketagihan melamun dan berandai-andai selama berjam-jam berteman lagu-lagu galau, maka “Fool That I Am” jadi pilihan yang tepat. Anda akan terbius oleh kekentalan suasana suram yang dihasilkan oleh instrumen string, piano dan kekuatan lirik lagu itu. Bisa jadi Anda akan mengulang lagu tersebut berkali-kali. Lagu yang juga sering dibawakan oleh penyanyi Adele begitu merilis album pertamanya ini diciptakan oleh Floyd Hunt dan dinyanyikan pertama kali oleh penyanyi Gladys Palmer pada tahun 1946 sebelum mencapai kepopulerannya saat dibawakan oleh Etta James. 


Fool that I am for falling in love with you/ And fool that I am for thinking you loved me too../Fool that I am for hoping you'd understand/And thinking you would listen to all of the things/The things I had planned. 


Pada tahun 1969 Etta James mengeluarkan album “Etta James Sings Funk” yang didominasi oleh lagu-lagu funk, soul, dan blues. Karakter vokal  Etta James di lagu-lagu dalam album ini seperti  lagu funk “Quick Reaction and Satisfaction”, lagu blues “ Nothing From Nothing Leaves Nothing”, dan lagu soul “Are My Thoughts With You” semakin mengukuhkan penyanyi ini sebagai penyanyi lintas genre yang mumpuni.


Beyonce Knowles membawakan ulang lagu “At Last” pada tahun 2008 sebagai salah satu soundtrack  film Cadillac Records. Cadillac Records bercerita tentang kronologi hidup dari Leonard Chess (Adrien Brody, juga pemeran utama film The Pianist) sang pemilik label rekaman serta beberapa musisi yang bernaung di bawah label rekamannya. Etta James (diperankan Beyonce Knowles) merupakan salah satu musisi yang sempat bekerjasama dengan Leonard Chess dan tenar lewat lagu “At Last”. 


Lagu “At Last” di kalangan musisi khususnya wedding band  merupakan lagu yang paling sering dibawakan pada saat resepsi pernikahan. Lagu ini bercerita tentang luapan kebahagiaan seseorang ketika menemukan cintanya yang telah lama dinanti-nantikannya seumur hidupnya. Bagi Anda yang sama sekali belum pernah tahu seperti apa suara Etta James, bisa jadi Anda akan langsung jatuh cinta pada suaranya di lagu ini.


Etta James meninggal karena komplikasi leukimia pada usia 73 tahun. Pada tahun-tahun terakhir hidupnya, ia diurus oleh kedua anak laki-lakinya yang bernama Donto dan Sametto. 


Lagu-lagu Etta James akan hadir di Winning Eleven edisi Jumat pekan ini (25/7) di 89.2 FM Green Radio. 


Penulis adalah Music Director Green Radio dan penanggung jawab program Winning Eleven. 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!