Mini Party Pancake Ala Chef Aiko (Foto: Yuhu)

Puasa, selain menjadi ajang untuk meningkatkan ibadah, biasanya juga menjadi ajang silaturahmi dengan sesama keluarga, teman, tetangga atau pun kerabat. Nah, kalau kumpul barengnya diadakan di rumah keluarga kamu, gimana kalau membuat sajian yang cantik, menggoda tapi simple. Mau? Nah, di segmen Cooking with Chef Aiko di Yuhu Sore , Jumat 3/5/2016), Chef Aiko membagikan resep dessert yang simple, sehat namun menggoda. Mini Party Pancake, ia menyebutnya.

Bahan-bahannya pun simple: selai cokelat serta buah-buahan segar. Stroberi, kiwi, jeruk, naga dan anggur, adalah buah-buahan yang dipilih Aiko sebagai penghias mini pancakenya.

Untuk mempraktekkannya, Aiko membawa pancake yang sudah dibuatnya sendiri di rumah. Ia mengaku, tak menambahkan gula dan susu ke dalam adonan pancake, agar tak terlalu manis. Karena ia tahu, pancake tadi akan dioles dengan selai cokelat.

"Mau banyak atau sedikit tergantung selera masing-masing" kata Aiko saat mengolesi selai cokelat. Setelah itu, ia menyusun buah-buahan yang sudah diiris sesuai ukuran pancake, dengan cantik. Setelahnya, pancake ditaruh di atas kertas kue dan siap disajikan. Gampangkan?


Suasana Cooking With Chef Aiko, saat meracik Mini Pancake Party, di Yuhu Sore Jumat (3/6/2016).

Eva Mimin dan Mesty Hanyta yang menjadi teman duet Aiko di Yuhu Sore pun, takjub dibuatnya. Mereka terpesona dengan sajian pancake yang cocok sekali untuk disajikan sebagai dessert atau menu penutup saat arisan, pesta ulang tahun, kumpul bareng teman-teman atau sajian berbuka puasa.

“Eh, enak lho, dua ya, boleh ya. Gak terlalu gede. Energinya dapet, dan segaarrr banget rasanya" kata Mesty Hanyta saat mencicipi Mini Pancake racikan sohibnya.

Untuk kamu yang lagi diet, kata Aiko, pancakenya bisa diolesi yogurt. Apalagi sekarang yogurt banyak varian rasa seperti blueberry, anggur dan lain lain. Sedangkan, untuk toping buah-buahan, bisa saja diganti atau ditambah dengan mangga. “Sayangnya mangga belum musim,” kata Aiko tertawa. Dan, untuk kamu yang doyan rasa asin, pancakenya bisa dikasih kornet, smoke beef, potongan jagung, mayonaise, dan lain-lain.

Jika kamu gak mau repot membuat adonan pancake, bisa saja beli pancake yang instan. “Kalau pancake instan, bisa ditambahi susu dan diolesi butter,” saran Aiko. Tapi, jika kamu membuat pancake sendiri untuk ukuran mini, cukup satu sendok makan adonan pancake yang dimasukkan ke dalam loyang. “Sisa adonan gunakan saja semua, tapi dalam ukuran kecil. Kalau sudah kenyang, adonan jangan dibuang, sayang. Bisa digunakan untuk party atau arisan,” ujar Aiko memberi tips.

Nah, bagaimana? Sudah siap mencari bahan untuk menjajal Pancake Mini Party Ala Chef Aiko?
 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!