Hawaiian Chicken & Sausage Kebab ala Chef Aiko

Kebab, ternyata tak hanya asik disajikan dengan wrap atau terbalut kulit. Di segmen Cooking Belfoods With Chef Aiko, chef sekaligus aktris ini meracik kebab layaknya sate. Tapi penampakannya bukan sate biasa, namun berwarna dan beraneka rasa, plus saus yang lezat. "Hawaiian Chicken & Sausage Kebab" namanya. Bahan-bahannya pun bervariasi, seperti yang ia jelaskan di Yuhu Sore , Selasa (22/6/2016), berikut ini:

Bahan marinasi dan saus:
-150 ml soy sauce
-100 ml jus nanas
-50 ml minyak sayur
-3 sdm brown sugar (bisa diganti gula pasir)
-3 sdm dry sherry atau cuka apel
-3 siung bawang putih, haluskan
-2 sdm jahe halus
-1/2 sdt dijon mustard
-1 sdm tepung maizena
-3 sdm air

Bahan isi kebab:
-3 Buah beef frankfurter (sausage) Belfoods, potong-potong
-6 pcs golden chicken fillet Belfoods, goreng lalu potong Jadi dua bagian
-10 Buah jamur kancing
-1 buah paprika hijau, bisa diganti zucini
-1 Buah paprika merah, potong dadu
-1 Buah nanas, potong dadu besar
-1 Buah bawang bombay, potong wedges lalu potong jadi dua bagian
- Nasi atau pasta optional
- Tusukan sate
- Grill pan

Chef Aiko sedang menusukkan satu persatu isi kebab di Cooking Belfoods With Chef Aiko, Yuhu Sore (22/6/2016)

Cara membuat saus marinasi
1.Campur soy sauce, minyak 50 ml, jus nanas, gula, sherry, bawang putih, jahe dan dijon mustard, aduk sampai semua tercampur rata. Lalu, sisihkan 1/2 bagian untuk marinasi.
2. Rendam semua sayuran dan  nanas dengan saus marinasi selama minimal 2 jam di dalam kulkas. Sedangkan, sausage/sosis dan golden chicken fillet tidak perlu direndam.
3. Panaskan sisa saus dengan menambahkan 50 ml jus nanas dengan api medium, aduk sesekali, lalu cairkan tepung jagung dengan 3 sdm air, setelah itu masukkan ke dalam soy sauce yang sudah mendidih, aduk lagi sampai mengental dan biarkan dingin. Setelah itu simpan ke dalam kulkas sampai waktunya ingin digunakan.

Kebab
1. Rendam tusukan sate selama 15 menit, ini membantu agar tusukan sate tidak gampang gosong.
2. Tusukan satu persatu bahan-bahan secara selang seling, seperti sayuran, nanas, jamur, paprika, bawang bombay sausage dan chicken golden fillet. Paprika merah dan hijau, usahakan berada ditusukan paling atas.
3.Setelah semua tersusun selang-seling secara rapi, panggang di atas grill pan dengan api medium high sampai matang. Jangan lupa dibolak-balik agar matang merata sambil diolesi dengan saus marinasi.

Nah, jika langkah-langkah tadi kelar, saatnya menyantap kebab cantik
"Hawaiian Chicken & Sausage Kebab" ala Chef Aiko. Rasa sosis, jamur kancing dan chicken goleden filletnya, hmmmm, cocok sekali untuk cemilan berbuka puasa. “Rangga pasti suka deh,” ujar Aiko yang khusus menciptakan resep ini untuk sang keponakan yang baru menjalankan ibadah puasa tahun pertamanya.

Selama Ramadan, Cooking Belfoods With Chef Aiko hadir 3 kali dalam seminggu di Yuhu Sore, pukul 17.00-19.00 WIB. Kamu bisa tonton juga cara Chef Aiko meraciknya di www.zeemi.tv dengan ID:Yuhu. 

Cantik dan menggoda kan kebabnya?


Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!