black campaign, FISIP untuk Bangsa

FISIP untuk Bangsa (FUB) merupakan acara yang digagas oleh Departemen Kajian dan Aksi Strategis Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (BEM FISIP UI) 2014 untuk mengawal proses Pemilihan Umum 2014. Sesuai namanya, FUB merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa FISIP dalam kegiatan terkait isu sosial politik. Namun tak hanya FISIP, FUB juga ingin mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk turut serta mengawal proses Pemilihan Umum 2014. FUB terbagi menjadi dua rangkaian yaitu FUB I untuk Pemilu Legislatif dan FUB II untuk Pemilu Eksekutif.


Bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), FUB I telah dilaksanakan dengan bentuk seminar yang dibuka untuk masyarakat umum dan diskusi dengan tokoh masyarakat di Kampung Bedahan, Depok, serta dilanjutkan dengan penelitian bersama Tim Kampung FISIP. Kali ini, FUB II bekerja sama dengan Poltracking, sebuah lembaga yang mengkaji demokratisasi dan pelembagaan institusi-institusi demokrasi di Indonesia. Mata acara FUB II terdiri dari Aksi Simpatik yang bertajuk #BosanBlackCampaign dan diskusi panel untuk membedah visi-misi dan rekam jejak calon Presiden dan calon Wakil Presiden periode 2014-2019.


Aksi simpatik FUB II akan diselenggarakan di Bundaran HI, Jakarta Pusat pada hari Minggu tanggal 22 Juni 2014 bersamaan dengan Car Free Day. Bersama dengan mahasiswa FISIP Universitas Indonesia, FUB II ingin menyebarluaskan gerakan #BosanBlackCampaign kepada masyarakat luas. Ide kampanye #BosanBlackCampaign berawal dari kejenuhan akan maraknya “kampanye hitam” yang mewarnai jalannya Pemilu Legislatif dan Eksekutif. Hal tersebut merupakan sesuatu yang harus diperhatikan karena dikhawatirkan akan mempengaruhi swing voters yang jumlahnya masih cukup banyak sampai saat ini. Oleh karena itu, FUB II ingin mengajak masyarakat untuk mengkritisi hal-hal yang lebih subtantif dibanding membicarakan isu-isu yang tidak jelas kebenarannya. 


Pada saat Aksi Simpatik, FUB II juga akan menyebarluaskan hasil kajian dari Tim Kajian #SATUFISIP yang beranggotakan perwakilan dari masing-masing departemen yang ada di FISIP UI. Mereka mengkaji permasalahan yang ada di Indonesia melalui 8 perspektif ilmu yang menjadi departemen di FISIP UI yaitu Ilmu Politik, Sosiologi, Komunikasi, Antropologi, Kriminologi, Kesejahteraan Sosial, Hubungan Internasional, dan Administrasi. 


Diskusi panel yang diadakan pada hari Selasa tanggal 24 Juni 2014 bertujuan untuk membedah visi, misi, serta rekam jejak dari kedua pasangan capres-cawapres. Diskusi panel ini akan menghadirkan tim sukses yang merumuskan visi, misi, dan program dari masing-masing pasangan calon Presiden-calon Wakil Presiden. Pada kegiatan ini, panelis yang dihadirkan akan berasal dari dari unsur akademisi dan mahasiswa Universitas Indonesia. Diskusi ini diharapkan dapat membantu peserta untuk menentukan pilihan demi kebaikan bangsa Indonesia ke depannya. 


Mari kita kawal secara konsisten proses Pemilihan Umum Presiden 2014!


Minggu, 22 Juni 2014, pukul 07.00-12.00 di Bundaran HI Jakarta Pusat


Aksi Simpatik kampanya #BosanBlackCampaign 


Selasa, 24 Juni 2014, pukul 10.00 – 13.45 di Balai Sidang Universitas Indonesia 


Diskusi Panel “Bedah Visi-Misi dan Rekam Jejak Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2014”

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!