Minuman Murah Tampilan Bintang Lima Chef Aiko

Bosan dengan minuman es yang itu-itu saja untuk berbuka puasa? Coba meracik minuman buah segar tampilan hotel bintang lima ala Chef Aiko ini.

Jumat, 27 Mei 2016 17:57 WIB

Es Selasih Jeruk Racikan Chef Aiko (foto: Yuhu)

Yuhu-Jakarta, Ibadah Puasa yang akan dijalankan oleh umat Muslim di dunia, tinggal menunggu hitungan hari. Apakah sudah ada yang membayangkan, kira-kira menu apa yang asik dan segar saat berbuka puasa? Sebagian orang biasanya akan mengkonsumsi yang manis-manis, kurma, misalnya.  Kalau kamu, apakah langsung berbuka dengan kolak pisang, minum selasih campur nata de coco, atau menikmati  jus jeruk bikinan ibu? Ini mah biasa sering ditemui. 

Bagaimana kalau buah-buahan tadi dicampur jadi satu menjadi minuman buah es JESI alias Jeruk Selasih. Ini yang ditawarkan Chef Aiko Sarwosri, di segmen Cooking With Chef Aiko, di Yuhu Sore, Jum'at (27/5/2016). Kamu ingin mencobanya? Silahkan siapkan bahan-bahan berikut ini:
- Pisang, diiris
- Jeruk
- Selasih
- Kurma, diiris
- Nata de coco
- Sirup merah
- Susu cair
- Es batu

Karena ingin kedua sohibnya, Soraya Larasaty dan Mesty Hanyta juga bisa membuat JESI drink, Aiko pun meminta bantuan Mesty untuk meraciknya. 

Selasih, adalah bahan pertama yang dimasukkan Mesty lebih dulu ke dalam gelas. Posisinya tentu saja berada paling bawah. Susunan selanjutnya adalah jeruk, irisan kurma, nata de coco dan terakhir, pisang. Agar terasa dingin dan nikmat, ditambahkan beberapa bongkah es batu, sesuai selera. Setelah itu Mesty menuangkan sirup berwarna merah rasa coco pandan, agar warnanya menarik. Terakhir, minuman sehat dan segar ini diguyur dengan susu cair dan siap dinikmati.

Namun, sebelum susu dituangkan Mesty, Chef Aiko langsung mengambil alih. "Aku ada tehniknya nih supaya susunya gak langsung bercampur dengan bahan-bahan yang lain." Rupanya Chef keturunan Jepang ini menuangkan susu dengan  menggunakan sendok, sehingga susu mengalir melebar dan tidak jatuh langsung ke bawah. "Di atas susu, bisa dikasih selasih lagi," tambahnya. 


Suasana "Cooking With Chef Aiko" Yuhu Sore, Jum'at (27/5/2016).


Nah, gampangkan membuatnya? Tampilannya yang cantik dan menggoda membuatnya seperti minuman mahal yang sering dijumpai pada jamuan pesta di hotel. Padahal, bahan-bahannya  murah meriah dan mudah didapatkan. Plus segar dan menyehatkan. "Modal murah, tampilan bintang lima" kata Aiko sumringah.

Aiko menggunakan selasih pada racikannya, untuk meredakan panas dalam yang banyak dialami beberapa orang di awal-awal bulan Ramadhan. Ia juga tak menggunakan air, karena menurutnya es batu akan mencair sendiri.

Jika kamu ingin mengganti bahan-bahan JESI drink ini, tentu saja boleh. Kata Aiko,  nata de coco bisa diganti dengan cincau atau agar-agar yang diserut. Sedangkan pisang, bisa diganti dengan nangka atau kiwi. Jeruk, bisa juga diganti dengan mangga. "Rasa sirup pun, tak harus coco pandan, boleh saja  rasa melon atau leci," sarannya.

Bahkan, susunan bahan-bahan pun boleh banget kalau mau diubah sesuai selera. Misalnya, pisang ditaruh di bagian gelas paling bawah, dilanjutkan dengan susunan bahan-bahan lainnya. Tapi usahakan, agar paduan warnanya tetap selaras dan terlihat cantik, supaya menggugah selera. Nah, siap mencobanya untuk berbuka puasa nanti?


Hmmmm, cantik dan menggoda selera bukan?  

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Minta Opini Alternatif, IDI Siapkan Pemeriksaan terhadap Novanto

  • Ratusan Warga Non-Papua Keluar dari Lokasi Konflik Tembagapura
  • Jokowi Minta DPD Dukung Pembangunan Daerah
  • Satgas Temukan Kayu-kayu Hasil Pembalakan Liar Hutan Lindung di Nunukan

“Jadi orang malah jadi keluar masuk untuk merokok, berapa waktu yang terbuang,” kata Tari Menayang dari Komnas Pengendalian Tembakau