[Advertorial] Rektor Unhan Tutup Pendidikan Unhan TA. 2015/2016

Dalam prosesi wisuda pasca sarjana ini, selain penyerahan tropi dan piagam penghargaan bagi wisudawan peraih IPK tertinggi dan tesis terbaik, juga disampaikan kesan dan pesan oleh perwakilan wisudawan

Rabu, 26 Apr 2017 09:39 WIB

Rektor  Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Dr I Wayan Midhio, M.Phil, menutup pendidikan Unhan Tahun Akademik 2015/2016, dengan meluluskan 312 mahasiswa Pasca Sarjana Unhan bertempat di gedung Auditorium kampus Unhan, kawasan IPSC Sentul-Bogor. Rabu (22/2).

Rektor Unhan dalam sambutannya memberikan penekanan agar para wisudawan sebagai sosok akademisi dengan budaya meneliti berdasarkan prinsip-prinsip kejujuran akademis dapat memberikan kontribusi dan sumbangsih terhadap bangsa serta rakyat Indonesia. Jadilah pemimpin yang senantiasa menjadi solusi dari setiap permasalahan dan bukan sebaliknya malah menjadi masalah dan duri bagi organisasi. Mengedepankan hati nurani sebagai landasan tingkah laku dan perbuatan. Para alumnus nantinya sebagai kader patriot Bela Negara agar menjadikan nilai-nilai Bela Negara dan Pancasila sebagai landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pada tanggal 25 April 2017 Unhan juga mewisuda 312 orang mahasiswa Pasca Sarjana untuk Gelombang I TA. 2017. Upacara wisuda dihadiri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu,  Menristek Dikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. didampingi Rektor Universitas Pertahanan. Di samping itu, wisuda ini juga menghadirkan Prof. Muhammad Nuh yang menyampaikan orasi ilmiah. Acara wisuda berlangsung di Gedung GOR PMPP, di Kawasan IPSC, Sentul Bogor, Jawa-Barat, Selasa pagi, 25 April 2017.


Hasil Sidang Yudisium pada Kamis 6 April 2017 diputuskan, Prodi Peperangan Asimetris, Prodi Diplomasi Pertahanan, Prodi Strategi dan Kampanye Militer, Prodi Strategi Pertahanan Darat, Prodi Strategi Pertahanan Laut, Prodi Strategi Pertahanan Udara, Prodi Manajemen Pertahanan, Prodi Ekonomi Pertahanan, Prodi Keamanan Energi, Prodi Damai dan Resolusi Konflik, Prodi Manajemen Bencana, dan Prodi Keamanan Maritim, dinyatakan lulus berjumlah 312 orang mahasiswa.

Rinciannya adalah Fakultas Strategi Pertahanan dari Prodi Peperangan Asimetris berjumlah 17 orang, Prodi Diplomasi Pertahanan 29 orang, Prodi Strategi dan Kampanye Militer 13 orang, Prodi Strategi Pertahanan Darat 108 orang, Prodi Strategi Pertahanan Laut 3 orang, dan Prodi Strategi Pertahanan Udara sebanyak 9 orang.

Fakultas Manajemen Pertahanan dari Prodi Manajemen Pertahanan 20 orang, Prodi Ekonomi Pertahanan 22 orang, dan Prodi Keamanan Energi sebanyak 24 orang. Sementara itu dari Fakultas Keamanan Nasional untuk Prodi Damai dan Resolusi Konflik 26 orang, Prodi Manajemen Bencana 27 orang, dan dan Prodi Keamanan Maritim 14 orang.

Dari 312 mahasiswa yang lulus,  95 orang berhasil meraih predikat Dengan Pujian dari FSP sebanyak 43 orang, dari FMP sebanyak 24 dan dari FKamnas sebanyak 28 orang. Kemudian predikat Sangat Memuaskan sebanyak 216 dengan perincian FSP sebanyak 135 orang, dari FMP sebanyak 42 dan dari FKamnas sebanyak 39 orang, sisanya 1 orang dengan predikat Memuaskan dari FSP.

Dalam prosesi wisuda pasca sarjana ini, selain penyerahan tropi dan piagam penghargaan bagi wisudawan peraih IPK tertinggi dan tesis terbaik, juga disampaikan kesan dan pesan oleh perwakilan wisudawan yang menggambarkan suka dan duka selama melaksanakan pendidikan di Unhan.

Penghargaan Canti Dharma Cendekia lulus dengan IPK Tertinggi diberikan kepada mahasiswa dengan IPK 3.95 atas nama Ronny Basirun Simatupang dari Prodi Manajemen Bencana. Sedangkan Canti Dharma Sastra bagi Tesis Terbaik diberikan kepada David Yacobus dari Prodi Peperangan Asimetris dengan judul Tesis, “Peran Hacker sebagai Non-State Actor dalam Upaya Bela Negara di Cyberspace (Studi Reaksi Hacker Indonesia terhadap Australia).
 
Setelah Sidang Terbuka Unhan ditutup, dilaksanakan rangkain tradisi wisuda berupa pengucapan janji alumni dan penyerahan pin Alumni Unhan yang dilaksanakan di Kampus Bela Negara Unhan.

Dalam wisuda Pasca Sarjana Gelombang I Tahun 2017 ini dihadiri oleh tamu undangan pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Pertahanan, Para Guru Besar Unhan, Dewan Pembina Unhan, Senat Akademik Unhan, para wisudawan dan wisudawati yang didampingin dengan keluarga wisudawan dan wisudawati serta para undangan lainnya. 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

Aparat Keamanan Dicurigai Selundupkan Pendulang Emas ke Kawasan Freeport

  • Belasan Bagang Ikan di Perairan Ambalat Dirusak Gelombang
  • Myanmar-Bangladesh Sepakat Repatriasi Pengungsi dalam Dua Bulan
  • Kasus Perkosaan, Eks Pemain AC Milan Robinho Dihukum Penjara

Guna mengembangkan dan mengapresiasi Organisasi Kepemudaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan "Pemilihan Organisasi Kepemudaan Berprestasi 2017"