Station Manager Up Radio Semarang Shanty Rosalia bersama nara sumber RB Sentanu, Penulis

Kalau kamu ingin up atau up to date setiap hari dengan informasi terkini dan obrolan yang asik, Up Radio Semarang tempatnya. Sejak berdiri tahun 2014 lalu, radio yang mengudara di frekuensi FM 98.50 mengusung tag line: “The Meaning Station.” Menurut Station Manager Up Radio Semarang, Shanty Rosalia, tag line ini hadir untuk menunjukkan program-program yang disajikan dari pukul 5 pagi hingga 12 malam memiliki arti atau nilai bagi pendengarnya.

“Program progam kami memberikan informasi, inspirasi, motivasi, dan hiburan yang mencerahkan sesuai dengan segmen yang kami tuju, generasi muda yang mandiri, ” ujar ibu dua anak yang sudah puluhan tahun bergelut di dunia radio ini.

Salah satu progam harian andalan Up Radio Semarang, menurut Shanty adalah Up Corner. Program talkshow ini menghadirkan nara sumber yang berkompeten untuk hal-hal yang publik layak tahu. Semisal soal ratusan sopir taxy yang demonstrasi karena menolak transportasi berbasis aplikasi. Pendengar pun boleh ikut interaktif dengan narasumber dengan memberikan pertanyaan atau masukan. “Sementara untuk Up Corner segmen bisnis, kami juga bekerjasama dengan Woman Preuner Community, bagaimana menciptakan inisiatif pekerjaan yang mandiri. Informasi seputar bisnis dan nilai tukar mata uang, juga diinformasikan,“ ungkapnya. Sementara Up Corner on The Weekend lebih kepada lifestyle. Nah, kalau ingin memberikan masukan, kamu bisa mendengarkan program ini pukul 09.00-12.00 WIB.

Untuk kamu yang ingin tau lebih dalam tentang dunia anak, radio ini juga menghadirkan program Dunia Anak yang disiarkan setiap hari pukul 13.00 - 14.00WIB. Saat ini, sudah jarang radio yang menghadirkan program untuk anak. Kalaupun ada, biasanya disiarkan pada akhir pekan. Padahal menurut wanita yang bersiaran sejak remaja ini, akhir pekan itu biasanya justru dimanfaatkan oleh keluarga untuk liburan, jadi kecil kemungkinan untuk mendengarkan radio. Untuk itu, Shanty mengaku, sebelum membuat program ini, ia melakukan survey terlebih dahulu. Karena sasarannya adalah ekskutif muda atau keluarga muda yang sekarang sudah punya kesadaran bagaimana mendampingi anak walaupun keduanya beraktifitas. Dan dari survey itu, responnya bagus. 

“Program Dunia Anak yang dihadirkan mengangkat kisah dongeng, inspirasi keluarga, dan lain lain. Penyiarnya juga penyiar cilik. Jadi, kita juga buka kesempatan untuk anak-anak yang suka siaran atau ngobrol, atau yang punya bakat penyanyi, kita membuka ruang untuk itu . Selain itu, kita juga ingin calon generasi mendatang itu disiapkan mulai dari anak-anak,” jelasnya.

Program lifestyle executive muda lainnya, adaUP Café, yang mengudara pukul 18.00 – 21.00. Program ini menghadirkan informasi gaya hidup dan mengundang grup band indie di Semarang yang dikemas dengan siaran gaya café. Dan untuk kamu anak kuliahan, bisa juga kepoin dunia kampus di“Kampusiana”, Sabtu dan Minggu, pukul 17.00-19.00 WIB.

Sementara program lainnya, radio yang mempunyai VISI: Menjadi perusahaan multi media berbasis kampus dan jaringan radio yang unggul ini”, menghadirkan insert yang diputar pada jam–jam tertentu yang menyajikan Motivasi & Inspirasi bersama Andrie Wongso, The Way Of Live bersama Bapak Widadi, Mau Tau Aja atau Mau Tau Banget bersama Ustadz Nur Achsin, dan masih banyak lagi.

Yang ingin request lagu? Boleh saja tentu. Ada program “UP to You - 100% Request”, setiap hari pukul 14.00-17.00 WIB. Selain itu ada pula program lagu-lagu baru Indonesia maupun mancanegara diNew Entry pukul 18.00–21.00 WIB. Kangen sama lagu-lagu Indonesia dan lagu barat tempo dulu? Bisa mendengarkan Greatest Memories, pukul 21.00 - 22.00  WIB.

Nah, Up Radio Semarang ini, juga ikut bergabung bersama 9 radio lainnya di Indonesia yang menyiarkan programYuhu Pagi dan Yuhu Sore, lho. Yuhu Pagi hadir setiap Senin_Jumat, 07.00-09.00 WIB, sedangkan Yuhu Sore, pukul 17.00-19.00 WIB. Menurut Shanty, Yuhu Pagi sudah diterima di telinga pendengar Semarang, karena bahasanya gak terlalu “lo,gue” dan kontennya cerdas.

“Yuhu Pagi bagus, ya. Sebelum Yuhu Pagi hadir, kami dulu juga punya program Sarapan Pagi dari pukul 6 sampai 10 pagi, menunya komplit, mengangkat satu topik yang lagi in dan aktual tapi dibawakan dengan ringan. Jadi tema Sarapan Pagi yang dulu dengan tema yang diangkat Yuhu, serupa. Tapi, kalau Yuhu Sore, waktu pertama-tama agak ramai, tapi kesininya sudah bagus, apalagi itu disiarkan di jam-jam orang pulang kantor. Apalagi kalau ada bintang tamu artis di segmen “Seleb on radio,” kalau bisa setiap hari itu ada (menghadirkan artis),” ujarnya.

Radio yang mengudara dari Jl. Sidodadi Timur No. 24 Semarang ini, juga mempunyai salah satu misi untukmenampung dan menyalurkan bakat, minat, dan kreativitas anak muda dalam bentuk siaran dan kegiatan nyata di masyarakat. Nah, buat kamu yang punya bakat, bisa langsung cari tahu info selengkapnya di www.upradiosmg.com.

 

Editor : Vivi Zabkie

 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!