Kalau kamu sekarang memiliki bisnis toko online, tentunya pengen dong tokonya dikunjungi banyak orang atau konsumen. Dengan begitu, potensi bisnis dan penjualan akan meningkat. Ada taktik yang perlu dilakukan agar website toko online kamu dilirik, dikunjungi hingga kemudian dikenal. Nah, Yuhu! membeberkan taktiknya untuk kamu.

1. Gunakan media sosial

Zaman sekarang toko online kudu dilengkapi dengan akun media sosial, seperti facebook, twitter, google+, instagram, dan yang lainnya. Media sosial sangat membantu menarik konsumen berkunjung ke toko online kamu. Dengan mencantumkan tautan di media sosial yang mengarah pada website toko online kamu,  jelas status atau tweet yang ditulis memainkan peran yang besar. Apalagi kalau statusnya dibuat semenarik mungkin, tentu memancing orang untuk mengkliknya. Fungsi lain, kamu bisa menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Akun media sosial pada masa sekarang juga akan menjadikan bisnis terlihat nyata, kompeten, lebih professional, dan dapat dipercaya.

2. Daftarkan produk pada katalog toko online

Dengan mendaftarkan produk  pada direktori toko online, pengunjung akan berdatangan, trafik website juga akan meningkat. Selain itu, direktori toko online juga mampu menambah page-rank website. 

3. Mendaftar pada mailing-list

Milist atau mailing-list adalah grup email yang menghubungkan banyak orang sebagai sarana interaksi dan komunikasi. Untuk lebih menarik, selain mendaftarkan pada direktori, kamu juga bisa mendaftarkan toko online anda pada milist. Milist akan kamu peroleh pada hampir semua jenis email yang ada karena ini adalah sebuah layanan.

4. Strategi SEO (search engine optimization)

SEO atau search engine optimization adalah metode memaksimalkan posisi website di mesin pencari. Teknik SEO yang benar, membuat website toko online bisa tampil pada halaman pertama mesin pencari. Tentu saja ini bisa langsung menarik perhatian pengunjung. Itu artinya, peluang mendapatkan pengunjung yang banyak dari search engine semakin besar, diikuti dengan transaksi yang juga akan semakin menguntungkan. 

5. Blogwalking 

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog atau website orang lain dengan berinteraksi di dalamnya, seperti berkomentar dan memfollow blog atau website tersebut. Tujuannya untuk memperkenalkan atau mempopulerkan website toko online kamu. Dengan semakin seringnya melakukan blogwalking, maka website toko online akan semakin cepat dikenal orang dan semakin banyak pula orang yang akan berkunjung balik.

6. Aktif di forum online

Jika ingin serius membangun sebuah toko online, sebaiknya kamu juga bergabung dengan beberapa forum terkenal seperti kaskus, indowebster, detik forum, kafe gaul, bersosial, atau forum lainnya. Selain sebagai ajang memperkenalkan website toko online, bisa juga memberikan backlink pada website toko online. Jika kamu mendapatkan backlink dari situs forum maka kemungkinan besar website kamu akan dikunjungi. Usahakan pula ikuti forum yang benar-benar berkaitan dengan tema toko online kamu.

Tips ini diulas di Yuhu! Sore bareng Chef Aiko, Soraya Larasati dan Mesty Hanyta, Kamis (14/4 2016).

Editor: Paul M Nuh

 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!