Anas, Web Support PT.MLIN tengah bertugas sebagai operator video streaming KBR.

Kalau Anda sering mendengar dan menonton siaran KBR dan Yuhu melalui video streaming, ada seseorang yang memainkan layar atau operator, agar siarannya teratur  dan enak dinikmati. Salah satu orang yang berada di balik layar TV internet untuk program Kabar Baru, Buletin Pagi dan Buletin Siang adalah Ahya Aulanas Alkamil, yang akrab dipanggil Anas. Pria inilah yang  mengutak-atik layar video streaming, menata kamera, membuat caption  dan running text. Ia bertugas di dalam studio siaran sembari menemani  dan mengarahkan penyiar kala mereka bersiaran. Menjadi operator video streaming melalui Zeemi TV,  merupakan bagian tugasnya sebagai web support PT. MLIN. Tugas utamanya adalah sebagai programmer untuk semua website yang dikelola PT MLIN. Sudah 3 tahun ini, pria yang doyan mengutak-atik komputer dan  main game ini menjalaninya semenjak bergabung bersama KBR.

Meski pembawaannya pemalu dan pendiam, namun Anas tak pernah sungkan memberi bantuan kala ada awak redaksi yang butuh bantuanya. Dari komputer ngehang, mixer yang bermasalah, internet ngadat, sistem jaringan yang error dan sebagainya. “Anas, tolong dong benerin ini!” begitu pinta staf yang lain. Pernah, saat ia sedang menjalankan tugas operator Zeemi TV di shift pagi, tiba tiba internet mati, jaringan pun ikut-ikutan tak connect, atau mesin printer rusak saat tengah dibutuhkan. Anas pun bersigap membenahinya, karena  tim dari shift selanjutnya belum datang. ”Nah, kalau terjadi begitu, sementara pagi-pagi saya sendiri, itu merepotkan. Jadi bingung juga, mana yang mau dikerjakan. Tapi sekarang sudah ada tambahan tim tehnik, jadi terbantu,” ujarnya.

Penyuka sate kambing dan nasi goreng ini mengenal KBR, karena pernah magang di KBR pada 2009. Saat itu, Anas masih duduk di kelas 2 Aliyah (setingkat SMU). Pria berambut keriting ini mengikuti  program dari Yayasan Puspita yang mengadakan program magang untuk mengisi liburan sekolah. “Waktu pertama kali melihat jaringan KBR itu, rasanya ini kantor berita yang paling banyak punya radio jaringan, jadi saya kira KBR ini perusahaan yang terkenal se-Indonesia dan dikenal di kalangan dunia radio,” kata Anas sambil mengingat masa-masa ia magang di KBR.  

Karena cara kerjanya sudah dikenal tim web support KBR, maka jalan mudah baginya untuk diajak bergabung  membantu membuat website jaringan sekitar 2011 lalu. “Tantangan di bidang ini adalah bagaimana selalu belajar hal-hal yang baru, karena teknologi  berkembangnya cepat,  jadi tantangannya harus selalu update,” pungkas Anas yang saat ini tengah kuliah di Universitas Islam As Syafi'iyah, jurusan Teknik Informatika semester 4, sambil mengutak-atik laptopnya.
 

Editor :  Vivi Zabkie
 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!