BERITA

#16TahunKBR Dorong Perdamaian di Daerah Koflik

"Kabar Maluku menghubungkan warga yang bertikai. "

KBR

Kabar Maluku di KBR
Kabar Maluku di KBR

Kabar Maluku adalah salah satu program yang siarkan KBR dengan radio perelay yang berada di propinsi Maluku dan Maluku Utara.  Program radio adalah satu-satunya sarana yang bisa menghubungkan warga kepulauan ini secara cepat.  Media cetak terkadang baru sampai berhari-hari berikutnya di pulau tertentu.  Akibat hambatan ini pesan-pesan perdamaian pasca konflik 1999 kerap terlambat sampai.

KBR yang saat itu bernama KBR68H mengkompilasi laporan dari berbagai daerah lalu menyiarkan live dalam bentuk buletin yang menyambungkan komunikasi antara wilayah. Program ini juga dilengkapi sesi interaktif pada akhir pekan yang menjadi ruang dialog antar warga. Kabar Maluku mengawal proses damai Maluku hingga mengawasi penyaluran dana untuk pengungsi. Salah satu radio sempat ingin ditutup pejabat setempat karena dianggap terlalu kritis mengulas dugaan korupsi dana pengungsi.

#16TahunKBR 

  • KBR
  • #16TahunKBR

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!