[Advertorial] Sunpride Mengukuhkan Komitmen sebagai Buah Nusantara Berstandar Internationa

Kolaborasi strategis antara PT Sewu Segar Nusantara pemegang merek Sunpride, dan Perkebunan PT Nusantara Tropical Farm meraih pencapaian internasional dalam standar keamanan pangan buah lokal

Jumat, 17 Mar 2017 14:55 WIB

Kolaborasi strategis antara PT Sewu Segar Nusantara pemegang merek Sunpride, dan Perkebunan PT Nusantara Tropical Farm meraih pencapaian internasional dalam standar keamanan pangan buah lokal  sebagai komitmen bersama atas penerapan standar buah lokal yang berkualitas tinggi. Hal ini dibuktikan melalui sertifikasi internasional yang diraih oleh kedua perusahaan, yaitu sertifikat ISO 9001 untuk standar sistem manajemen mutu yang dilakukan oleh PT Sewu Segar Nusantara dan sertifikat Global Good Agricultural Practise (GAP) untuk perkebunan pisang yang dikelola oleh PT Nusantara Tropical Farm.

Martin M. Widjaja, selaku Managing Director PT Sewu Segar Nusantara menjelaskan “PT Sewu Segar Nusantara dan PT Nusantara Tropical Farm berada dalam satu naungan Group Gunung Sewu Kencana. Dalam kolaborasi ini, kami memiliki tugas dan peran masing-masing dengan tujuan yang besar yaitu bersama-sama meningkatkan standar pengembangan industri hortikultura di Indonesia, dan sekaligus juga meningkatkan standar keamanan pangan, sehingga masyarakat Indonesia pun bisa dengan bangga memiliki produk lokal yang tidak kalah dengan kualitas Internasional.

PT Nusantara Tropical Farm merupakan perkebunan penghasil Pisang Cavendish terbesar di Indonesia seluas 3700 hektar di Lampung Timur yang kemudian didistribusikan oleh PT Sewu Segar Nusantara ke berbagai daerah di Indonesia dengan label Sunpride melalui mitra retail baik pasar modern (Modern Trade)  dan juga pasar tradisional (General Trade).

Dalam menjalankan fungsinya, PT Nusantara Tropical Farm selalu menjaga secara konsisten praktek budidaya yang berkesinambungan, ramah lingkungan dan terjaga. Untuk mempertegas komitmen tersebut, pada bulan Desember 2016, PT Nusantara Tropical Farm mendapatkan sertifikasi Global GAP untuk perkebunan Pisang Cavendish. Global GAP adalah standar sistem pertanian yang mengadopsi praktek-praktek budidaya yang aman dan berkelanjutan, sehingga tidak merusak lingkungan yang terjadi selama kegiatan pertanian berlangsung. Secara umum, prinsip dalam standar GAP mengatur empat poin utama, yaitu: Keamanan pangan, keramahan lingkungan, keamanan dan kesejahteraan dan ketertelusuran.

“Implementasi Global GAP yang diterapkan oleh PT Nusantara Tropical Farm merupakan langkah pendekatan sistem produksi untuk memastikan keamanan produk buah segar agar aman dikonsumsi. Produk yang telah lolos sertifikasi Global GAP dapat diidentifikasi dari kode GGN (Global Gap Number) yang terdiri dari 13 digit nomor pada kemasan produk tersebut,” kata Sucipto, Assistant Manager Quality System Plantation PT Nusantara Tropical Farm ketika menjelaskan mengenai sertifikasi Global GAP.

Melalui sertifikasi yang telah diraih oleh PT Nusantara Tropical Farm terhadap Pisang Cavendish menjadi bukti bahwa kualitas Pisang Cavendish dengan merek Sunpride merupakan produk yang sehat, aman dan diproduksi dengan cara ramah lingkungan.

Dalam Supply Chain Management System, maka proses selanjutnya yaitu logistik dan distribusi juga merupakan satu kesatuan rantai pangan yang tidak kalah pentingnya, bagaimana untuk terus menjaga agar hasil dari perkebunan tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat luas dengan tetap terjaga kualitas, kesegaran, dan keamanan pangannya.

Pencapaian PT Sewu Segar Nusantara dengan sertifikasi ISO 9001 merupakan bukti bahwa komitmen untuk menjaga agar rantai keamanan pangan yang berkesinambungan tersebut adalah hal yang menjadi prioritas utama. Bukan hanya sekedar mendistribusikan produk buah berkualitas, namun juga produk buah yang keamanan pangannya terjaga.

ISO 9001 adalah sebuah standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional. Sistem Manajemen Mutu yang diterapkan oleh PT Sewu Segar Nusantara secara umum mencakup Tanggung Jawab Manajemen, Manajemen Sumber Daya, Realisasi Produk, dan Pengukuran, Analisa, serta Perbaikan.

Iwan G. Rory, General Affair Manager PT Sewu Segar Nusantara menambahkan, “Buah segar merupakan komoditas yang sangat rentan untuk rusak dan sangat mudah untuk terkontaminasi, sehingga dibutuhkan perhatian ekstra dalam menjaga kualitasnya. Kami bangga dapat menerima sertifikasi ini dalam pengoperasiannya, kami akan terus berusaha untuk menjaga standar yang ada sehingga dapat terus memenuhi permintaan konsumen yang beragam terhadap produk buah berkualitas.”

Pencapaian yang berhasil didapatkan oleh dua perusahaan lokal Indonesia ini merupakan bagian dari komitmennya dalam memproduksi dan mendistribusikan produk buah ke pasar lokal dan internasional, serta turut mendukung perkembangan industri agrikultur lokal dan turut mengedukasi masyarakat untuk mengetahui dan mengajak mengkonsumsi produk buah yang aman dan segar.


Tentang PT Sewu Segar Nusantara
PT. Sewu Segar Nusantara merupakan pemegang merek Sunpride, didirikan pada tahun 1995 sebagai salah satu kelompok investasi unggulan dari Gunung Sewu Kencana dan bergerak dalam distribusi dan pemasaran buah lokal dan impor, dengan berfokus pada buah nusantara hasil kerjasama dengan sister company PT Nusantara Tropical Farm yang mengelola perkebunan Sunpride di Lampung. Buah Nusantara tersebut mencakup Pisang Cavendish, Guava Crystal, Nanas Honi, dan Pepaya. PT Sewu Segar Nusantara mengembangkan langkah-langkah kontrol kualitas ketat yang dipercaya dan diandalkan oleh mitra retailer baik di pasar modern dan pasar tradisional.

PT Sewu Segar Nusantara mengutamakan kualitas dan kesegaran serta mempromosikan buah sebagai bagian dari pola makan seimbang yang sehat dan menggunakan teknik pemasaran yang inovatif. PT Sewu Segar Nusantara juga berfungsi sebagai partner lokal untuk berbagai merek buah internasional seperti New Zealand Zespri untuk kiwi, Belgian Conference Truval untuk pir, dan France Juliet Organic & Pink Lady untuk apel.
Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi website Sunpride: www.Sunpride.co.id


Tentang PT Nusantara Tropical Farm
Didirikan sejak tahun 1992, PT Nusantara Tropical merupakan produsen Pisang Cavendish terbesar di Indonesia. PT Nusantara Tropical Farm juga membudidayakan jambu crystal, buah nanas dan beberapa buah lainnya di perkebunan seluas 3.700 hektar yang terletak di kawasan Way Kambas, Lampung, Sumatera Selatan. PT Nusantara Trpical Farm memasok sebagian besar produk-produknya untuk PT Sewu Segar Nusantara dan juga untuk pasar internasional

Tentang Gunung Sewu Kencana
Gunung Sewu Kencana didirikan pada tahun 1953 oleh pendirinya Dasuki Angkosubroto. Di awal mula, GSK bergerak dalam bidang perdagangan dan distribusi bahan pokok. Pada tahun 1960, GSK berkembang menjadi salah satu perusahaan perdagangan komoditas pertanian terbesar di Indonesia. Pada tahun 1970, GSK melakukan diversifikasi ke dalam sektor properti, agribisnis, dan manufaktur. Tak hanya itu, SSN bekerja bersama lebih dari 1.000 petani lokal juga telah mengembangkan langkah-langkah pengendalian kualitas yang ketat, terpercaya, dan dapat diandalkan.
 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum
  • SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan
  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...

Polisi Buru Penyebar Hoaks Gunung Agung Meletus

  • Frekwensi Kegempaan Gunung Agung Meningkat
  • Anak-anak Pengungsi Gunung Agung Mulai Belajar di Sekolah Terdekat
  • Pansus Angket KPK Akan Sampaikan Laporan Sementara Besok