Logo baru KBR terdiri dari dua warna, merah dan putih. Tulisan KBR yang berwarna putih berdiri di atas kotak merah menyala. Ada tiga nilai yang ingin disampaikan lewat logo baru ini: kredibel, dapat dipercaya dan kokoh/tegas. Ketiga hal ini adalah nadi bagi KBR sebagai media penyedia konten berita. 

“Selama belasan tahun KBR menjaga kredibilitasnya dengan cara tetap menjaga independensi, dapat dipercaya dan berusaha agar beritanya bermanfaat, menjaga keberagaman Indonesia  serta mendorong publik lebih berdaya,” tutur Direktur Program KBR Citra Dyah Prastuti.

KBR memproduksi konten berita untuk lebih dari 600 radio di Indonesia dan 200 radio di Asia dan Australia. KBR telah dikenal sebagai penghasil karya jurnalistik kualitas tinggi, kemampuannya menjangkau pelosok dan sebagai pembuka akses informasi. Selama hampir 17 tahun berdiri, KBR meraih beragam penghargaan untuk produk jurnalistiknya, inovasi  serta dedikasinya dari lembaga nasional maupun internasional.


Perubahan Logo dan Positioning

Perubahan logo KBR terjadi beberapa kali sepanjang usianya yang hampir mencapai 17 tahun. Demikian juga nama.

KBR sebelumnya dikenal sebagai Kantor Berita Radio 68H. Pada ulang tahun ke-15 lalu, media ini memperkenalkan diri dengan nama “KBR” saja. “Langkah ini kami tempuh karena KBR kini bukan hanya sebagai penyedia konten bagi radio saja, kami juga hadir sebagai media online, media sosial, televisi, podcast dan beberapa bulan belakangan video streaming,” lanjut Citra. “Produk KBR, tak hanya bisa dinikmati di radio.”

Warna merah pada logo KBR mencerminkan energi, kekuatan dan kepemimpinan.  Sedang kejernihan, keadilan dan imparsial, netralitas dan independen ditunjukkan pada pemilihan jenis huruf. Kotak merah dipilih untuk menunjukkan semangat KBR yang ingin seimbang, berintegritas dan jujur. Nilai-nilai ini akan dijadikan KBR untuk mengukuhkan jati dirinya.

Selain perubahan logo, KBR juga membuat program-program baru serta meningkatkan kualitas program-program yang sudah belasan tahun dinikmati masyarakat Indonesia seperti Buletin Pagi dan Buletin Sore. Mulai 1 Februari lalu, KBR menghadirkan Buletin Siang serta perbincangan interaktif di Ruang Publik.

“Dengan didukung pula oleh reporter dan kontributor terbaik di berbagai kota di tanah air dan Asia, kami yakin mampu menjaga kepercayaan masyarakat pada independensi KBR,” tutup Citra. (vie)  

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!