Mahasiswa IISIP, Jakarta (atas) dan Mahasiswa UI, Jakarta (bawah) saat berkunjung ke KBR, Rabu (23/3/2016)

Duapuluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia  mengunjungi kantor KBR pada Rabu (23/3/2016). Mereka adalah mahasiswa Jurusan Komunikasi, semester 6.

Melalui kunjungan ini para mahasiswa ingin belajar tentang produksi feature radio dan cara membawakan naskah berita ?radio, sesuai dengan mata kuliah mereka. Ditemani sang dosen, Hilman Handoni, mereka melihat aktifitas ruang redaksi KBR dan suasana studio siaran KBR.

Mereka juga diberikan materi soal kepenyiaran oleh Manager Marketing KBR, Vivi Zabkie. Selain itu mereka juga mendapatkan ilmu tentang feature radio dari Manager Produksi KBR Quinawati Pasaribu dan  Pemimpin Redaksi KBR Citra Dyah Prastuti.

Asti, salah satu mahasiswa, mengaku  tertarik dengan jurnalisme karena seru katanya. “Kita bisa menghimpun banyak berita, lalu jadi orang yang paling tahu dengan berita dan kita menyebarkanya. Asik sih, siaran-siaran juga,” ujarnya semangat.

Kunjungan ke media, bukan pertama ini saja dilakukan Asti. Sebelumnya ia dan teman teman pernah berkunjung ke kantor media online yang ada di Jakarta. Namun, untuk kunjungan ke radio yang memproduksi berita, baru pertama kali. Perempuan berkacamata yang tertarik untuk menjadi penyiar radio ini, terkejut saat melihat kantor KBR.

“Saat melihat KBR, lebih dari ekspektasi saya. Saya kira (kantor) radio itu cuma kecil, kayak ruangan siaran saja. Ternyata di KBR ada ruangan khusus kayak ruang redaksi yang besar di bawah, ada ruangan siaran dan banyak ruangan untuk dubbing,” katanya.

Tak hanya Asti yang terkejut. Sehari sebelumnya saat mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Politik IISIP, Jakarta, yang juga mampir ke KBR juga kaget dengan banyaknya radio yang bekerjasama dengan KBR. Saat ini lebih dari 600 radio menggunakan konten yang diproduksi KBR. Saat melihat penyiar KBR, Aika Renata membaca kabar baru 5 menit, mereka juga mengaku baru tahu jika presenter atau penyiar berita bisa membaca berita dengan cepat tanpa salah baca.

Melalui kunjungan ini, mahasiswa masih melihat sebagian kecil dari aktivitas jurnalistik KBR yang kini hadir multiplatform. Selain melalui kunjungan, KBR juga membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk magang agar mendapat kesempatan belajar bersama redaksi KBR.

Editor : Vivi Zabkie

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!