Ilustrasi: Ragam Handphone (foto : KBR/Eka Jully)

Ketika telepon genggam terendam atau terkena tumpahan air, ah tamat sudah! Ini mungkin terlintas pertama di kepala kita. Gadget  kesayangan tak mungkin selamat, atau setidaknya menyala tapi akan error, tidak maksimal lagi fungsinya. Jangan buru-buru putus asa, apalagi sampai membuangnya. Handphone yang terendam air bukan berarti tamat. Ada cara membuatnya selamat!

Soraya larasati, Chef Aiko dan Mesty Hanita membagikan caranya menyelamatkan handphone jika terendam air pada perbincangan Yuhu Sore, Rabu (16/3/2106). Ini dia rangkumannya:

1.Cabut Baterai, bukan Shutdown

Saat menemukan telepon genggam terendam jangan matikan dengan menu shutdown.  Cabut saja langsung baterai, memory card, dan simcard. Melepas keseluruhan casing juga adalah pilihan yang baik.

2.Balut HP dan Masukkan dalam Freezer

Setelah casing dan isinya dilepas, balut HP dengan tisu, lalu masukkan ke dalam freezer. Tisu akan menyerap air dan suhu dingin akan mengeringkan air dengan membekukannya. Aneh ya? Tapi begitulah cara kerjanya. Tunggu semalaman. Kalau parah dan handphone belum bisa menyala, coba lakukan beberapa kali.

3.Siapkan Ziplock dan Beras

Ada yang belum tahu Ziplock? Ini adalah plastik kemasan yang ada clip yang bisa mengunci plastik itu, seperti pada obat dari apotik. Karena ada clip,  jadi apa pun barang yang ditaruh di dalamnya aman dari debu, kuman dan bakteri lain yang bisa merusak. Nah, kamu hanya perlu memasukkan beras atau sereal tanpa susu ke dalam ziplock lalu membenamkan handphone ke dalamnya. Tunggu beberapa hari untuk memastikan apakah HP benar-benar kering.

4.Jangan buang Silica Gel

Silica gel yang sering kita buang sia-sia saat membeli sepatu atau barang lainnya, ternyata bisa menyelamatkan HP yang basah. Yup, sifatnya yang menyerap kelembapan juga berlaku untuk menyerap kelembapan yang ada di dalam HP yang baru saja tercebur air.

5.Keringkan di TV Tabung

Kalau kamu punya TV tabung, kamu bisa juga selamatkan telepon genggam kamu. Suhunya akan membantu air dalam handphonemu menguap. Ingat bukan kalau TV jaman dulu ini memiliki lubang-lubang di belakangnya? Itu adalah jalan atau sirkulasi udara untuk mengeluarkan panas. Nah, letakkan HP kamu di situ.

6.Manfaatkan Kipas Angin

Kalau tak punya TV Tabung, kipas angin pun jadi. Benda elektronik ini tak hanya berfungsi untuk mendinginkan tubuh atau mengeringkan rambut yang basah saja, tapi juga bisa berguna untuk HP yang basah. Nah, gantung HP kamu tepat di depan kipas angin, semalaman atau beberapa malam, sampai benar-benar kering.


Nah, yang suka teledor, semoga cara-cara diatas berguna agar tak harus beli telepon genggam yang baru atau keluar uang ke tempat servis handphone.  

Mau tips menarik lainnya? Jangan terlewatkan lagi Yuhu Sore setiap Senin-Jumat, pukul 17.00-19.00 WIB di 10 kota di Indonesia: Jakarta, Surabaya, Makassar, Denpasar, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan dan Banjarmasin. Selain di radio-radio jaringan KBR di 10 kota tadi, kmau juga bisa menikmati Yuhu! via streaming www.yuhu.id atau bisa pula tonton kami di zeemi.tv.

 

Editor : Vivi Zabkie

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!