media baru, pelatihan, radio jaringan, KBR68H

Sebanyak 20 peserta dari berbagai radio jaringan KBR68H sejak Senin (18/3) lalu berdatangan ke kantor redaksi PortalKBR di Jakarta. Peserta pelatihan media baru ini berasal dari Aceh, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Jambi, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, hingga Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Selama tiga hari, mereka digembleng dengan berbagai materi dan praktek mengelola media online.

Pelatihan media baru yang diselenggarakan PortalKBR ini merupakan yang kedua kalinya. Pelatihan pertama dengan 30 peserta diselenggarakan pada Oktober 2012 lalu.

Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan bagaimana menulis berita atau artikel lainnya untuk diunggah ke website radio masing-masing. Selain itu, melalui telepon pintar, para peserta juga dilatih cara melakukan laporan langsung yang siarannya bisa diikuti secara live di PortalKBR.

Pelatihan ini, dan berbagai pelatihan yang akan dilakukan pada masa-masa mendatang, adalah bagian dari pengembangan KBR68H menuju konvergensi media tradisional (radio) dengan media online. Sejak tahun lalu, KBR68H mengajak seluruh anggota jaringannya di Indonesia yang berjumlah lebih dari 700 radio -- di luar radio-radio luar negeri yang berjumlah lebih dari 250 radio -- untuk bersama-sama mulai mengembangkan program dan bisnisnya melalui media baru. Bagi radio jaringan yang sudah memiliki website sendiri, KBR68H mendorong mereka untuk lebih aktif mengisi dengan konten-konten baru. Sedangkan bagi radio yang belum memiliki website, tim KBR68H memberikan pelayanan dengan membuatkan mereka website secara gratis.

Melalui pengembangan media baru ini, KBR68H ingin tumbuh dan berkembang bersama seluruh jaringannya. Sesuai dengan tagline "Dari Indonesia Untuk Anda", konten PortalKBR akan diperkaya dengan konten-konten lokal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Indonesia memang bukan cuma Jakarta. Indonesia terlampau kaya kalau hanya diisi seputar isu istana atau Senayan. Untuk itulah PortalKBR hadir, memberi gambaran lebih lengkap tentang tanah air kita.


Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!