Bantu Pemulihan, Barcelona Undang Chapecoense Jadi Lawan di Pertandingan Persahabatan

Jika Chapecoense menerima undangan itu, pertandingan akan digelar di kandang Barcelona, Stadion Camp Nou pada Agustus tahun depan.

Jumat, 09 Des 2016 11:39 WIB

Suporter klub Chapecoense di Stadion Arena Conda, di Kota Chapeco, Brazil, Rabu (30/11/2016). Mereka memberikan penghormatan kepada sebagian besar pemain klub yang tewas dalam kecelakaan pesawat menuj

KBR - Klub sepakbola dari Brazil, Chapecoense terus mendapat simpati dan dukungan dari berbagai pihak, setelah tragedi kecelakaan pesawat yang menewaskan hampir seluruh pemain dan staf klub tersebut.

Salah satunya klub raksasa dari Spanyol, Barcelona FC. Secara resmi Barcelona FC mengundang klub Chapecoense untuk bermain melawan klub asal Catalan itu dalam sebuah pertandingan persahabatan pramusim.

Pertandingan persahabatan itu rutin digelar Barcelona dalam ajang perebutan trofi Joan Gamper, yaitu pertandingan tahunan antara Barcelona dengan klub undangan.

Jika Chapecoense menerima undangan itu, pertandingan akan digelar di kandang Barcelona, Stadion Camp Nou pada Agustus tahun depan.

Undangan itu merupakan salah satu bentuk solidaritas Barcelona atas musibah yang menimpa Chapecoense. Dalam pernyataannya, Barcelona ingin memberikan penghormatan kepada para korban dari pemain dan staf Chapecoense yang tewas dalam kecelakaan itu sekaligus untuk membantu pemulihan klub tersebut.

"Bersama undangan kepada Chapecoense untuk bermain dalam Trofi Joan Gamper 0217, Barcelona juga ingin berkolaborasi pada upaya rekonstruksi klub dan olahraga, serta membantu memulihkan tingkat kompetitif klub itu seperti sebelumnya," begitu pernyataan resmi Barcelona.

Baca: Sepakbola Tak Hanya Persaingan, Tapi juga Kemanusiaan   

Bertanding melawan klub sebesar Barcelona dan menghadapi Lionel Messi bersama para pemain bintangnya, diharapkan bisa membantu meningkatkan pemulihan mental dan semangat klub Chapecoense dalam mengarungi musim kompetisi tahun depan.

Surat undangan telah dikirimkan secara resmi ke klub Chapecoense di Brazil.

Sebanyak 19 pemain dan staf klub Chapecoense tewas ketika pesawat carteran LaMia yang mereka tumpangi jatuh saat perjalanan dari Brazil menuju Kolombia untuk mengikuti pertandingan final turnamen Copa Sudamericana, 28 November lalu.

Dari 77 penumpang, hanya enam orang yang selamat termasuk tiga orang pemain Chapecoense. Namun pemain yang selamat tidak akan bisa bermain dalam waktu dekat, bahkan ada yang diamputasi kakinya.

Klub Chapecoense merupakan salah satu klub yang bermain di kompetisi teratas di Brazil, Serie A. Meski batal menggelar pertandingan final Copa Sudamericana melawan klub Atletico Nacional, namun konfederasi sepakbola Amerika Selatan CONMEBOL sepakat menganugerahkan gelar Juara Copa Sudamericana 2016 kepada Chapecoense.

Keputusan ini diambil berdasarkan permintaan dari klub Atletico Nacional. Sedangkan bagi Atletico, CONMEBOL menganugerahkan penghargaan Klub Paling Fairplay 2016.

Baca: Meski Pemain Habis karena Musibah, Klub Chapecoense Tetap Akan Jalani Sisa Kompetisi Liga   

Eidur Gudjohnsen

Saat ini Chapecoense tinggal memiliki segelintir pemain yang tidak genap berjumlah satu kesebelasan. Sejumlah klub pun menawarkan pinjaman pemain secara gratis pada musim depan. Sementara itu sejumlah pemain malah menawarkan diri bergabung di klub tersebut.

Ronaldinho, pemain asal Brazil merupakan salah satu yang menawarkan diri bermain di klub Chapecoense. Ronaldinho pernah memperkuat beberapa klub rival Chapecoense, seperti Fluminense, Atletico Mineiro, Flamengo dan Gremio. Pemain yang sempat memperkuat klub Spanyol Barcelona itu menyatakan siap membantu memperkuat tim itu.

"Seperti warga Brazil lainnya dan juga dunia, kami sangat sedih (atas musibah ini). Kami punya hubungan baik denga banyak orang di pesawat itu. Kami siap membantu entah caranya bagaimana," kata Roberto Assis, saudara yang juga merangkap agen Ronaldinho.

Saat ini Ronaldinho menjadi duta klub Barcelona, sejak September 2016.

Keinginan Ronaldinho juga diikuti minat yang sama dari bekas rekannya di Barcelona, Eidur Gudjohnsen. Bekas pemain Chelsea dan Barcelona itu juga menawarkan diri ingin bermain di Chapecoense dan bereuni bersama Ronaldinho.

"Hormat saya, saya ingin bermain untuk Chapecoense jika mereka mengizinkan, jika tidak hanya untuk bermain bersama Ronaldinho lagi," kata Gudjohnsen melalui akun Twitter.  

Saat ini Eidur Gudjohnsen bermain di klub India, Pune City.

Ada juga nama bekas pemain timnas Argentina, Juan Roman Riquelme juga dikabarkan menawarkan diri untuk bermain di klub Chapecoense secara gratis.

Sementara itu timnas Brazil akan menggelar pertandingan persahabatan melawan timnas Kolombia pada Januari mendatang untuk menggalang dana bantuan bagi para korban kecelakaan itu. (BBC/AFP/SBS)
 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang