Pelatih baru Aston Villa, Steve Bruce. (Foto: Creative Commons)

KBR - Pelatih sepakbola Steve Bruce tidak lama menganggur. Tiga bulan sejak ia mundur dari kursi manajer klub Hull City, ia kini mendapat kerja baru sebagai manajer klub Aston Villa. Meskipun ia harus turun kasta karena Aston Villa hanya bermain di Liga Championship atau satu tingkat di bawah Liga Inggris.

Aston Villa menunjuk Steve Bruce sebagai pelatih baru untuk menggantikan Roberto Di Matteo. Roberto sebelumnya dipecat pada 3 Oktober lalu karena hanya menang sekali dalam 12 pertandingan terakhir. Pemilik Aston Villa Tony Xia sudah memastikan penunjukan Steve Bruce itu melalui media sosial.

Klub tidak menjelaskan nilai kontrak dan durasi kontrak terhadap Steve Bruce.

"Ini kesempatan luar biasa bagi saya. Aston Villa merupakan salah satu klub sepakbola besar di Inggris. Diberi kesempatan menjadi pelatih Aston Villa itu sesuatu yang hebat," kata Steve Bruce dalam situs resmi klub.

Steve Bruce mundur dari jabatan manajer Hull City setelah mengantarkan klub itu naik kasta dari Liga Championship menuju Liga Inggris. Ia sebelumnya juga pernah melatih Birmingham---klub rival sekota Aston Villa, dan sukses membawa klub itu lolos pertama kali dari Championship ke Liga Inggris.

Steve Bruce bakal menjalani debut sebagai pelatih Aston Villa pada akhir pekan ini melawan Wolves.

Pemilik klub Tony Xia gembira dengan penunjukan Steve Bruce, pelatih yang namanya sempat menjadi kandidat kuat pelatih timnas Inggris.

"Saya gembira menyambut kedatangan Steve di klub ini. Dengan rekam jejak dia, sukses mengantarkan tim dari Championship ke promosi Liga Inggris. Juga pengalamannya di Liga Inggris. Saya percaya kita mendapat seorang manajer yang luar biasa," kata Xia.

Pengamat sepakbola Inggris Ian Holloway menilai Aston Villa beruntung mendapat pelayanan dari pelatih berusia 55 tahun itu. Ian menilai sebetulnya Steve Bruce layak menempati posisi sebagai pelatih timnas Inggris. Posisi pelatih timnas kemudian dipegang Sam Allardyce---yang belakangan dipecat karena dinilai melanggar etika.

Ian Holloway menilai, Asosiasi Sepakbola Inggris FA mestinya memilih Steve Bruce menjadi pelatih timnas Inggris daripada menunjuk pelatih sementara Gareth Southgate, begitu dikutip SkySports.

Bekas pelatih Aston Villa, Ron Atkinson juga berpendapat serupa.

"Bruce punya segala yang dibutuhkan Aston Villa. Saya yakin dia akan mampu mengangkat Villa," kata Atkinson sebagaimana dikutip Birmingham Mail

(Soccerway/BBC/Birmingham Mail/Sky Sport) 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!