Pelari asal Kenya David Mutai menjadi yang terdepan dalam ajang lomba lari Banyuwangi Internasional

Pelari asal Kenya David Mutai menjadi yang terdepan dalam ajang lomba lari Banyuwangi Internasional Run 2015. (Foto: Hermawan/KBR)

KBR, Banyuwangi- Pelari asal Kenya berhasil menjuarai ajang Banyuwangi International Run. David Mutai, pria asal Kenya menjadi jawara kategori 10 kilometer. Kompetisi lari international ini diikuti 7 pelari asal Kenya. Para pelari asal benua Afrika ini menyabet juara 1 dan 2 kategori 10K, dan juara 1 kategori 5 kilometer.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, lomba lari ini merupakan penerapan konsep pariwisata berbasis olahraga (sport tourism) yang terus dikembangkan daerahnya. Lomba lari ini melengkapi pengembangan sport tourism yang telah dilakukan Banyuwangi sebelumnya. Menurut Anas, olahraga lari tengah menjadi tren selain olahraga bersepeda. Dengan "menumpang" pada tren tersebut, pemasaran daerah akan lebih efektif dan "soft".

“Lomba berlari tapi juga berbagi dan ini program yang bagus menurut saya, kombinasi bukan hanya sport tourism tapi sport tourism dan sepiritual. Jadi berbagi dan beramal ini saya kira bagus dan responya cukup bagus hari ini, karena tanpa pakai alat dan berlari cukup,” kata Abdullah Azwar Anas (17/10/2015).

Selama lima tahun terakhir, Banyuwangi gencar dalam mempromosikan kepariwisataan dalam maupun luar negeri. Sektor ini sudah berhasil meningkatkan pendapatan perkapita Kabupaten Banyuwangi dari Rp 14,97 juta di tahun 2010 menjadi Rp 33 juta di tahun 2014. Sementara Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) juga naik dari Rp 23,56 triliun menjadi Rp 40,48 triliun.

Selain itu, angka kunjungan wisatawan meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2012, wisatawan domestik sebesar 860 ribu orang naik menjadi 1.500 orang pada 2014. Wisatawan mancanegara pun meningkat tajam, dari 5 ribu pada 2012 menjadi 28 ribu wisman pada 2014.

Sementara itu jawara Banyuwangi Internasional Run David Mutai mengatakan, sangat senang bisa ikut berlomba dan menang kejuaraan ini. David yang juga seorang pelari profesional ini mengatakan tidak melakukan persiapan khusus untuk mengikuti lomba. Karena sebelumnya dia baru saja mengikuti lomba marathon di Malaysia.

Ajang Banyuwangi International Run mengangkat tema "Run & Enjoy The Culture." Tema ini menggambarkan ajakan untuk berlari dan menikmati kebudayaan sekaligus keindahan Banyuwangi.

Editor: Dimas Rizky

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!