Ilustrasi cicin ring olimpiade. (Foto: ANTARA)

KBR - Timnas U23 Nigeria tampil gemilang dengan menundukkan timnas U23 Jepang dengan skor 5-4. Penyerang Oghenekaro Etebo sukses mencetak kuatrik (empat gol) perdana di ajang Olimpiade kali ini. Nigeria memuncaki klasemen sementara Grup B.

Sementara itu, timnas Korea Selatan U23 melumat Fiji dengan 8 gol tanpa perlawanan, dan membuat Korsel memuncaki klasemen sementara Grup C cabang sepakbola di Olimpiade Rio, Brazil.

Di Grup B, timnas U23 Nigeria mendapat perlawanan sengit dari timnas U23 Jepang dalam pertandingan yang digelar di AmazĂ´nia Arena.

Timnas Nigeria sebelumnya sempat menghadapi masalah saat perjalanan menuju ke Brazil, karena gangguan penerbangan. Para pemain baru tiba di Rio, Brazil kurang dari tujuh jam sebelum pertandingan digelar.

Meski begitu, Nigeria tidak terlihat kelelahan dari dampak perjalanan.

Jepang sempat melakukan tekanan di menit-menit awal, termasuk ancaman tendangan umpan lengkung yang cantik dari Hiroki Fujiharu. Namun Nigeria justru unggul cepat. Di menit 7 Imoh Ezekiel merangsek ke kotak penalti. Tendangan kerasnya sempat dimentahkan kiper Masatoshi Kushibiki, namun bola muntah tepat jatuh di kaki Sadiq Umar yang langsung disambar hingga berbuah gol.

Para pemain muda Jepang merespon cepat, dan menyamakan skor 1-1 dua menit kemudian lewat gol Shinzo Koroki dari titik putih.

Permainan dua tim berlangsung cepat. Dua menit kemudian, Nigeria kembali unggul. Pemain belakang Nigeria Abdullahi Shehu menyisir sisi kanan dan melepas umpan silang ke area pinalti dan berhasil dimaksimalkan oleh striker Oghenekaro Etebo hingga skor menjadi 2-1.

Jepang kembali membalas hanya dalam waktu dua menit kemudian melalui Takumi Minamino yang berhasil mengecoh kiper Daniel Emmanuel, dan melewatkan bola ke sela kaki sang kiper.

Menjelang turun minum, Etebo memanfaatkan kesalahan pemain belakang Jepang yang gagal membuang bola, dan kembali mencetak gol hingga skor berubah 3-2.

Di babak kedua, Etebo terus menunjukkan ketajamannya dengan mencetak dua gol dalam waktu 15 menit. Termasuk melalui titik penalti, ketika Sadiq Umar dijatuhkan di kotak penalti Jepang. Sementara satu gol lagi dicetak Etebo setelah umpan silang John Obi Mikel gagal dibuang oleh barisan pertahanan Jepang.

Nigeria semakin percaya diri, namun Jepang berusaha melakukan perlawanan di 25 menit terakhir. Sayangnya, Jepang hanya bisa mempertipis skor lewat dua gol cantik dari tumit Takuma Asano dan Musashi Suzuki dari jarak dekat di injury time.

Hasil ini membuat Nigeria memuncaki klasemen sementara Grup B. Sementara Jepang terpuruk di dasar klasemen dengan nilai 0.

Di timnas Korea Selatan, pemain dari klub Bayer Leverkusen Seung-woo Ryu mencetak hattrick. Sementara pemain lokal Chang-Hoon Kwon dan Hyun-Jun Suk masing-masing mencetak dua gol. Sementara satu gol lagi disumbang Heung-Min Son dari titik penalti.

Timnas Korea Selatan menghadapi timnas Fiji berjalan dengan tempo lambat di awal. Di pertengahan babak pertama, Korea Selatan mencetak gol pertama di menit 32 lewat Seung-Woo Ryu. Keunggulan 1-0 Korea Selatan bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Korea Selatan menggila. Di menit ke-62, gawang Fuji kebobolan tiga gol dalam waktu kurang dari lima menit. Dua gol dari Chang-Hoon Kwon dan satu gol dari Seung-Woo Ryu masing-masing hanya berselang satu menit.

Sumber: NBC/USA Today/TVC
 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!