Penutupan Olimpiade Rio (Foto: Twitter @Olympics)

Penutupan Olimpiade Rio (Foto: Twitter @Olympics)

KBR - Olimpiade Rio 2016 hari ini ditutup dengan upacara penutupan yang spektakuler dan terinspirasi dari acara karnaval. Secara resmi, Olimpiade diserahkan ke tuan rumah berikutnya yaitu Tokyo. Tokyo akan menyelenggarakan Olimpiade pada tahun 2020 mendatang.

Perayaan penutupan Olimpiade yang berlangsung selama tiga jam ini memberikan panggung kepada kesenian Brasil.

“Selama 16 hari terakhir, Brasil telah menginspirasi dunia dengan kegembiraan yang luar biasa,” kata ketua Komite Internasional Olimpiade Thomas Bach.

Bach secara resmi menutup Olimpiade ke-31 ini setelah pertandingan selama 16 hari, dengan 11.303 atlet dari 2016 negara dan satu tim pengungsi.

Salah satu kejutan dalam upacara penutupan ini adalah kemunculan Perdana Menteri Shinzo Abe yang muncul di tengah panggung dari pipa besar berwana hijau dengan kostum ala Super Mario, tokoh dari permainan video.

Amerika Serikat dipastikan jadi juara umum dalam Olimpiade Rio 2016 dengan perolehan 121 medali. AS mengumpulkan 46 medali emas, 37 perak dan 38 perunggu. Peringkat kedua diduduki oleh Inggris dengan 67 medali.

Indonesia ada di posisi ke-46 dengan 1 medali emas dan 2 medali perak. Medali emas dipersembahkan oleh pasangan ganda campuran bulutangkis, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir, sementara dua medali perak diperoleh dari cabang angkat besi lewat atlet Eko Yuli dan Sri Wahyuni.  (BBC)

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!