Eko Yuli Irawan

KBR- Nama lifter Indonesia Eko Yuli Irawan terangkat di ajang olah raga terbesar sedunia, Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil. Eko menjadi peraih medali kedua bagi Indonesia. Sebelumnya, altet angkat besi, Sri Wahyuni, menyumbangkan medali perak lewat nomor angkat besi 48 Kilogram. Cabang olahraga angkat besi menyumbang medali pertama bagi Indonesia.

Eko Yuli Irawan menyumbangkan medali perak dari nomor nomor 62 kg, setelah berhasil mengangkat total beban seberat 312 kg hasil dari angkatan snatch 142 kg dan angkatan clean & jerk 170 kg.

Medali emas jatuh ke tangan lifter Kolombia, Oscar Alberiro Figueroa Mosquera, yang mencatat total angkatan 318 kg.

Kemenangan ini disambut gembira para netizen tanah air, ucapan selamat dan terima kasih kepada Eko bahkan menjadi trending topic di twitter. Lewat tagar #TerimakasihEkoYuliIrawan masyarakat Indonesia menyampaikan kebanggaan dan suka citanya atas perolehan medali tersebut. Salah satunya, seperti yang disampaikan atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie, “Terima kasih Eko Yuli Irawan, we are proud of you, keep support team Indonesia di Olympics Rio 2016” tulis Jonathan pada akun twitternya @jonatan979.




Netizen juga menyebut perolehan perak Eko Yuli Irawan sebagai Olympic hat-trick, lantaran sudah tiga kali berhasil menyumbangkan medali dari ajang Olimpiade. Ketua Umum PP PBSI sekaligus bekas Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, turut bersuka cita dalam akun twitternya @GWirjawan, “Sekali lagi #INA #weightlifting berjaya. Selamat Eko Yuli Irawan yang telah sukses mencetak Olympic hat-trick!” cuit Gita.



Tiga kali ikut dalam ajang Olimpiade, tiga kali pula Eko menyumbang medali untuk kontingan Indonesia. Sebelumnya atlet kelahiran 24 Juli 1989 ini sempat meraih dua medali perunggu pada dua laga olimpiade yang berbeda, Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Beijing pada tahun 2008. 

Angkat besi menjadi salah satu nomor andalan Indonesia dalam Olimpiade tahun ini. Ada 7 lifter yang berlaga dalam cabang olah raga angkat besi Olimpiade 2016. Lima lifter pria yaitu Eko Yuli Irawan (kelas 62 kg), Muhamad Hasbi (62 kg), Triyatno (69 kg), I Ketut Ariana (69 kg), Deni (77 kg). Sedangkan di sektor putri ada dua lifter Indonesia yang akan tampil di olimpiade, yaitu Sri Wahyuni Agustiani (kelas 48 kg), Dewi Safitri (53 kg).

Saat ini Indonesia menempati peringkat 21 dari 206 negara peserta Olimpiade Rio, dengan total perolehan 2 medali perak.

Editor: Malika 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!