Praveen Jordan/Debby Susanto. Foto: badmintonindonesia.org

KBR - Dua ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan ā€ˇPraveen Jordan/Debby Susanto bakal bertemu di babak perempat final cabang bulu tangkis di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil. Keduanya akan memperbutkan tiket ke semifinal.

Dalam pengundian perempat final cabang olahraga bulu tangkis itu, Indonesia hanya akan menempatkan satu wakil ke semifinal.

Pemenang laga ini akan menghadapi pemenang antara ganda campuran Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei dan ganda Jepang Kazuno Kenta/Kurihara Ayane. Melihat peluang dua calon lawan Indonesia, Tiongkok lebih berpeluang untuk menghadapi Indonesia.

Tontowi/Liliyana hanya menang sebanyak lima kali dari 18 pertemuan dengan peringkat satu dunia itu. Terakhir, Tontowi/Liliyana takluk pada Zhang Nan/Zhao Yunleidi final Kejuaraan Asia 2016.

Sedangkan Praveen /Debby juga tak jauh beda. Selama delapan kali pertemuan, Praveen/Debby hanya mampu menang satu kali melawan Zhang/Zhao. Kemenangan itu disumbangkan Praveen/Debby di semifinal All England 2016. Namun di fase grup, Praveen/Debby harus takluk melawan Zhang/Zhao.

Sementara itu, dalam perolehan medali, Indonesia berada di posisi 44, dengan dua perunggu dari cabang angkat besi. Olimpiade masih mengukuhkan Amerika Serikat diperolehan medali terbanyak. Yakni 24 emas, 18 perunggu, dan 19 perak. Disusul China, Inggris dan Jepang.

Hari ini, duta Indonesia di Olimpiade Rio juga akan tampil dalam laga kedua di babak penyisihan grup Olimpiade Rio 2016. Namun, situasi berbeda harus dihadapi kedua duta cabang bulutangkis tersebut.

Minggu 14 Agustus 2016, kontingen Indonesia secara keseluruhan memang hanya akan tampil dalam cabang bulutangkis di arena Riocentro, Pavilion 4, Brasil. Mereka yang akan bertanding, yakni dari sektor tunggal putra, Tommy Sugiarto akan turun berlaga dalam partai pamungkas di Grup J menghadapi pemain Kuba, Osleni Guerrero malam nanti, sekitar puku; 18.55 WIB. Ini akan menjadi laga penentuan putra Icuk Sugiarto itu untuk membidik posisi juara grup di fase penyisihan.

Sedangkan di sektor tunggal putri, Linda Wenifanetri akan menghadapi pemain unggulan 6 asal Jepang, Nozomi Okuhara. Linda yang di laga perdananya harus takluk dari wakil Vietnam, Thi Trang Vu, wajib menang di pertandingan ini jika hendak terus membuka langkah ke babak berikutnya.

Namun, upaya tersebut bukan hal mudah bagi Linda, mengingat performa Okuhara yang lebih optimal kali ini usai mengalahkan Thi Trang Vu d duel perdana Grup J pada Jumat 12 Agustus 2016 lalu. Pertandingan Linda dan Oluhara akan berlangsung pukul 20.05 WIB.

Baca juga: Asia & Eropa Dominasi Perolehan Medali Olimpiade Rio


Editor: Sasmito

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!