Timnas Brazil saat melawan Korea Selatan di Olimpiade Rio, Brazil. (Foto: Youtube)

KBR - Delapan tim sepakbola U23 telah meraih tiket ke perempat final Olimpiade Rio, setelah menjalani pertandingan terakhir.

Delapan tim yang lolos adalah Brazil dan Denmark (Grup A), Nigeria dan Kolombia (Grup B), Korea Selatan dan Jerman (Grup C) serta Portugal dan Honduras (Grup D).

Brazil unjuk keperkasaan dengan menundukkan Denmark dengan skor 4-0 di babak penyisihan Grup A cabang sepakbola di Olimpiade Rio, Brazil. Hasil ini membuat Brazil menggeser Denmark dari puncak klasemen Grup A dengan koleksi lima poin, dan lolos ke perempat final.

Dua gol Brazil disumbang Gabriel, sedangkan Gabriel Jesus serta Luan masing-masing mencetak satu gol.

Sementara Denmark, meski kalah, bakal menemani Brazil ke perempat final sebagai runner-up Grup A dengan nilai 4. Lolosnya Denmark tidak lepas dari hasil imbang 1-1 yang diraih Afrika Selatan kontrak Irak. Tambahan satu poin bagi Irak hanya menempatkan Irak di posisi tiga dengan koleksi tiga poin.

Hadangan Berat Jerman

Sementara itu Jerman unjuk keperkasaan menghadapi Fiji. Fiji kembali jadi bulan-bulanan di Grup C. Setelah sebelumnya kebobolan delapan gol oleh Korea Selatan, lima gol oleh Meksiko, kini giliran gawang Fiji dijebol 10 kali oleh Jerman. Praktis dalam tiga kali pertandingan Fiji sudah kebobolan 23 kali dengan hanya sekali mencetak gol.

Pertandingan timnas U23 Jerman melawan timnas U23 Fiji berjalan tidak imbang dari awal dan tidak mengejutkan. Diawali gol cepat Serge Gnabry di menit 8, gawang Fiji kebobolan enam kali di babak pertama, dan kembali jebol empat kali di babak kedua.

Praktis Fiji menjadi ajang pesta gol tiga pemain Jerman yaitu Nils Petersen (mencetak quintrick atau lima gol), Max Meyer (mencetak hatrik alias tiga gol), dan Serge Gnabry (dua gol).

Tidak ada alasan lain bagi Jerman untuk bermain santai, karena sebelum pertandingan digelar, Jerman terancam tidak lolos ke perempat final. Sebelum pertandingan digelar, Jerman hanya berada di peringkat tiga klasemen sementara Grup C. Sedangkan posisi satu dan dua dikuasai Korea Selatan dan Meksiko.

Kemenangan hanya menjadi satu-satunya jalan untuk lolos, syukur-syukur dengan skor besar di atas delapan gol (melewati gol Korsel vs Fiji) dan berharap pertandingan Meksiko melawan Korea Selatan berakhir imbang. Dengan begitu Jerman bisa lolos sebagai juara grup.

Namun, Jerman akhirnya harus terima menempati posisi sebagai runner-up grup C. Meski Jerman mencetak 10 gol, di pertandingan lain Korea Selatan berhasil mengatasi Meksiko dengan satu gol penentu yang dicetak Chang-Hoon Kwon. Hasil ini membuat Korsel lolos ke perempat final sebagai juara Grup C, dan menyingkirkan Meksiko.

Di babak perempat final, tantangan tidak makin kendor karena Jerman harus bertemu Portugal, salah satu tim kuat yang dijagokan meraih medali emas di Olimpiade Rio.

Dari Grup B, Kolombia menundukkan pemuncak klasemen Grup B Nigeria dengan skor 2-0 di pertandingan terakhir. Meski begitu Nigeria tetap tidak tergeser dari puncak klasemen dengan mengumpulkan enam poin dan lolos ke perempat final sebagai juara Grup. Sedangkan Kolombia menemani lolos sebagai runner-up dengan koleksi lima poin. Jepang tersingkir meski menang tipis 1-0 melawan Swedia.

Dari Grup D, Portugal meraih tiket ke perempat final meski bermain imbang 1-1 melawan Aljazair. Perolehan poin Portugal (7) tidak terkejar oleh dua pesaing mereka yaitu Honduras dan Argentina, yang tengah berhadap-hadapan untuk berebut posisi runner-up. Sebelum pertandingan, dua tim itu memiliki poin sama yaitu tiga. Meski pertandingan antara Honduras melawan Argentina juga berakhir imbang 1-1, dan sama-sama mengumpulkan nilai empat, namun tiket perempat final menjadi milik Honduras karena unggul selisih gol. Catatan mencetak gol dan kemasukan Honduras adalah 5 dan 4. Sementara Argentina hanya mencetak dua gol dan kebobolan empat gol.

Pertandingan babak perempat final akan digelar pada Sabtu, 13 Agustus dan Minggu, 14 Agustus mendatang.


Jadwal pertandingan Perempat final cabang sepakbola di Olimpiade Rio.

Portugal (Grup D1) melawan Jerman (Grup C2) : Sabtu, 13 Agustus 2016
Brazil (Grup A1) vs Kolombia (Grup B2) : Minggu, 14 Agustus 2016
Korea Selatan (C1) vs Honduras (D2) : Minggu, 14 Agustus 2016
Nigeria (Grup B1 vs Denmark (Grup A2) : Minggu, 14 Agustus 2016
 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!