Suporter timnas Portugal merayakan kemenangan tim mereka di final turnamen Piala Eropa 2016 atas Prancis. (Foto: ANTARA/Reuters)

KBR - Portugal menggeser Spanyol di peringkat sepakbola dunia versi FIFA. Dalam pemeringkatan terakhir pada 14 Juli lalu, Portugal yang baru saja menjuarai kompetisi Piala Eropa 2016 langsung naik dari posisi delapan ke posisi enam.

Sementara, Spanyol yang sebelumnya berada di peringkat enam, tergusur dua lapis ke posisi delapan.

Posisi lima besar di peringkat FIFA tidak berubah dengan Argentina tetap di peringkat satu, disusul Belgia, Kolombia, Jerman dan Chile.

Sementara itu Prancis yang berhasil mencapai final di turnamen Piala Eropa 2016 loncat 10 peringkat dari posisi 17 ke posisi 7 peringkat FIFA.

Brazil yang tersingkir di Copa America 2016 turun dua peringkat ke posisi sembilan. Timnas Italia kembali masuk 10 besar di rangking FIFA, setelah mencapai perempat final Piala Eropa 2016.

Capaian luar biasa diraih Wales yang baru saja lolos hingga semifinal Piala Eropa 2016 dengan meloncat 15 peringkat ke posisi 11, atau dua lapis di atas Inggris. Sedangkan Islandia, yang menyingkirkan Inggris di Piala Eropa berhasil mencapai posisi terbaik mereka ke posisi 22 atau naik 12 tingkat dari sebelumnya.

Namun loncatan tertinggi justru diraih Selandia Baru---yang berhasil menjuarai kompetisi OFC Nations Cup. Selandia Baru meloncat 54 tingkat ke posisi 93.

Sementara itu, Indonesia yang sudah lama tidak berkiprah di kancah pertandingan sepakbola internasional harus rela turun dua peringkat ke posisi 191, dari 205 negara.

Di antara negara-negara di Asia Tenggara, Indonesia hanya lebih baik dari Brunei Darussalam (peringkat 198), namun lebih rendah dari delapan negara anggota ASEAN lainnya. Kamboja berada di peringkat 180, Laos (177), Malaysia (167), Myanmar (160), Singapura (158), Vietnam (139), Filipina (135) dan Thailand (121). Indonesia bahkan lebih rendah dibanding peringkat Timor Leste di posisi 185.

10 Besar Ranking FIFA:
 
1. Argentina
2. Belgia
3. Kolombia
4. Jerman
5. Chile
6. Portugal
7. Prancis
8. Spanyol
9. Brazil
10. Italia

 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!