Valentino Rossi. Foto: Antara

KBR - Valentio Rossi rebut gelar juara Moto GP Spanyol 2016. Rossi berhasil menaklukan sirkuit Catalunya dari posisi lima. Marc Marquez yang sukses merebut pole position harus puas di posisi kedua. 

Sementara juara ketiga diraih pebalap Repsol Honda Dany Pedrosa. Sementara, Jorge Lorenzo mengalami insiden, dan harus keluar balapan. Lorenzo bertabrakan dengan Iannone. Untungnya kedua pebalap yang terjatuh berhasil berdiri dan berjalan ke tepi. 

Kejar mengejar antara Rossi dan Marquez berlangsung sengit. Jelang 3 putaran terakhir Marquez sukses melewati Rossi. Namun posisi ini kembali berbalik dalam 2 lap terakhir. Valentino Rossi kembali memimpin dan memperlebar selisih waktu dengan Marquez hingga 2 detik. 

Awalnya, Rossi tak senang dengan penghapusan dua tikungan di Sirkuit Catalunya oleh Komite Kemanan Federasi Motor Internasional (FIM). Perubahan sirkuit tak lepas dari tragedi maut yang menimpa Luis Salom, Jumat (3/6) lalu. Salom meninggal dunia karena menabrak pagar pembatas usai terjatuh di tikungan 12 Sirkuit Catalunya. 

Akibat insiden tersebut, Komite Keamanan Federasi Motor Internasional (FIM), mengumpulkan 10 rider MotoGP termasuk Marc Marquez dan Andrea Iannone. Setelah pertemuan tersebut, diputuskan bahwa tikungan 11 dan 13 di Sirkuit Catalunya dihapus. Alasannya, dengan dihapusnya dua tikungan itu, pembalap dapat melalui tikungan 12 dengan laju yang lebih lambat.

(Motogp.com dan berbagai sumber) 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!