Tite, ketika merayakan kemenangan Corinthians sebagai Juara Piala Dunia Antar Klub mengalahkan Chelsea pada 2012. (Foto: Tomofumi Kitano/Wikimedia/CC-BY-SA 2.0)

KBR - Brazil dikabarkan akan segera mengumumkan secara resmi Adenor Leonardo Bacchi alias Tite sebagai pelatih tim sepakbola nasional negara itu.

Tite, yang sebelumnya melatih klub Corinthians, menggantikan Carlos 'Dunga' Verri di kursi pelatih timnas senior Brazil.

Meski belum diumumkan secara resmi oleh Konfederasi Sepakbola Brazil (CBF), namun kepastian Tite jadi suksesor Dunga sudah disampaikan oleh Presiden klub Corinthians, Roberto de Andrade.

Roberto mengungkapkan Tite sudah tidak lagi menjadi pelatih klub Corinthians.

"Profesor Tite bukan lagi menjadi pelatih Corinthians, dia tidak akan mendampingi klub untuk pertandingan (Kamis) besok," kata Roberto de Andrade. Pada Kamis ini Corinthians akan menghadapi Fluminense di liga domestik.

"Saya orang pertama yang dia (Tite) beritahu soal keputusan ini. Sampai dua jam yang lalu, saya pikir dia tidak akan pergi. Dan ini membuatku kaget," kata Roberto de Andrade.

Selain mengejutkan, kepergian Tite itu membuat Roberto sedih. Soalnya, Tite juga akan membawa serta para stafnya, seperti Cleber Xavier, Matheus, dan Edu Gaspar.

"Saya kesal dengan cara Konfederasi Sepakbola Brazil CBF mengambil Tito dari Corinthians. Saya tidak pernah dihubungi Presiden CBF. Sekarang, setelah sudah begini---Tite mau, baru mereka mencoba menghubungiku. Timnas tidak pantas mendapatkan Tite. Mereka tidak biasa berurusan dengan cara-cara etis, seperti Anda melihat bagaimana CBF mengambil Tito dari sini," lanjut Roberto.

Tite melatih Corinthians sejak 2004-2005, kemudian lanjut kembali pada 2010-2013. Setelah diseligi jeda melanglang buana ke Eropa, Tite kembali melatih Corinthians pada 2015-2016.

Bersama Corinthians, Tite mempersembahkan gelar perdana juara Copa Libertadores pada 2012 disambung dengan gelar Juara Piala Dunia Antar Klub pada 2012, serta juara Copa Sudamericana 2013, dan beberapa gelar lain.

Sebelumnya, nama Tite sudah dua kali disebut-sebut bakal menjadi pelatih timnas Brazil.

Usai membawa Corinthians menjuarai Piala Dunia Antar Klub pada 2012, namanya disebut-sebut bakal menjadi pelatih baru timnas Brazil. Namun ternyata kursi itu justru jadi milik Luiz Felipe Scolari.

Dua tahun kemudian, pada 2014, Scolari dipecat karena hasil buruk di Piala Dunia 2014 meski berstatus sebagai tuan rumah. Nama Tite kembali disebut-sebut bakal menggantikan Scolari. Namun, yang dipilih CBF justru Carlos Dunga.

Kini, nama Tite kembali disebut-sebut bakal menggantikan Dunga. Dunga dipecat setelah hasil buruk di Copa America 2016. Brazil tersingkir di babak penyisihan grup. (Soccerway/Goal)
 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!