Tite (tengah) saat membawa Corinthians merebut gelar juara Piala Dunia Antarklub 2012. (Foto: Tomofumi Kitano/Wikimedia/CC-BY-SA 2.0)

KBR - Media di Brazil mulai berspekulasi mengenai nama-nama baru yang akan menggantikan posisi Dunga di kursi pelatih tim sepakbola nasional Brazil.

Konfederasi Sepakbola Brazil (CBF) baru saja memecat Dunga dari posisi pelatih tim sepakbola nasional negara itu. Selain Dunga, CBF juga membubarkan seluruh punggawa timnas.

Dunga, bernama lengkap Carlos Caetano Bledorn, harus merasakan dipecat dari kursi pelatih timnas Brazil untuk kedua kalinya, setelah timnas Brazil dipermalukan di turnamen Copa America 2016.

Brazil tersingkir hanya mampu menang sekali melawan Haiti, sekali seri melawan Ekuador dan kalah 1-0 dari Peru. Ini membuat Brazil untuk pertama kalinya tersingkir di babak penyisihan grup sebuah turnamen besar.

Pada 2010, Dunga juga dipecat dari posisi pelatih timnas Brazil setelah tersingkir di babak perempat final turnamen Piala Dunia Afrika Selatan. Namun, setelah itu ia dipanggil lagi untuk menggantikan Luiz Felipe Scolari. Scolari waktu itu dipecat setelah Brazil dipermalukan Jerman dengan skor 7-1 di babak semifinal Piala Dunia 2014 di kandang sendiri.

Spekulasi pun mulai bermunculan, siapa yang bakal menggantikan Dunga.

Media mulai menyebut-nyebut nama Tite, pelatih Corinthians, klub asal Sao Paolo.

Tite yang bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi (55 tahun) itu membawa Corinthians dua kali menjuarai Copa Libertadores dan menjuarai turnamen Piala Dunia Antarklub pada 2012. Setelah itu, Corinthians juga menjuarai Copa Sudamericana.

Sampai saat ini Konfederasi Sepakbola Brazil CBF belum mengumumkan pengganti Dunga. Negara ini harus segera menunjuk pelatih baru untuk menghadapi Olimpiade Rio pada Agustus mendatang. Tim sepakbola Brazil belum pernah meraih medali emas di ajang Olimpiade.

Dunga, telah dua kali meraih piala Copa America sebagai pemain, dan menjadi kapten timnas Brazil pada saat meraih trofi Piala Dunia 1994.

Sebagai pelatih, ia mempersembahkan gelar juara Copa America pada 2007, Piala Konfederasi 2009 dan medali perunggu Olimpiade 2008. Itu sebelum dipecat pada 2010.

Pada 2014, ia menggantikan Felipe Scolari, dan gagal meraih kesuksesan seperti sebelumnya. Di bawah Dunga, Brazil terancam absen di Piala Dunia 2018 Rusia.

Penampilan Brazil di babak kualifikasi, saat ini Brazil berada di posisi enam klasemen sementara Grup wilayah Amerika Selatan. Posisi ini sulit bisa lolos ke Piala Dunia 2018.

Pada hari Senin lalu, Brazil kalah 1-0 dari Peru dan membuat Tim Samba tersingkir dari Copa America 2016. Salah satu media di Brazil, menulis judul "Dipermalukan Lagi". (AFP/SOccerway/ 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!