Arsene Wenger. Foto: ANTARA

KBR - Klub sepakbola Arsenal telah mengamankan salah satu target pembelian penting mereka tahun ini: Granit Xhaka. Banyak fans Arsenal yang memuji keberhasilan petinggi klub itu dalam memboyong Xhaka. Tidak hanya Arsenal, bahkan bekas bek Arsenal Johan Djourou juga gembira dengan kedatangan darah segar ini.

Pemain muda asal Swiss itu menjadi incaran manajer Arsenal Arsene Wenger untuk mengisi lini tengah yang lemah. Xhaka mungkin bisa bermain sebagai gelandang bertahan menggantikan Francis Coquelin atau Mohamed Elneny yang baru bergabung Januari lalu.

Bekas bek Arsenal Johan Djourou menyamakan Xhaka dengan Andrea Pirlo, maestro sepakbola asal Italia yang sudah malang melintang di pelbagai klub besar seperti Internazionale, AC Milan dan Juventus.

"Granit itu pemain hebat. Dia punya kaki kiri yang ajaib. Juga ahli tackling yang kuat---dia itu pemain yang sangat sangat sangat bagus," ungkapnya.

"Dia bisa menjegal, mengumpan. Saya bisa katakan, kalau boleh jujur, dia sedikit mirip Pirlo---dalam hal akurasi bermain bola. Dia bisa bermain dalam situasi bola apa saja. Dia bisa datang menjemput bola, lalu mengarahkan bola itu tepat ke kakimu dari jarak 40 kaki (36 meter)."

Saat memperkuat klub Jerman, Borussia Monchengladbach sejak 2012, Granit Xhaka dianggap sebagai salah satu pemain tengah paling berbakat di kompetisi Bundesliga.

Pemain berusia 23 tahun itu bahkan dijuluki 'Little Einstein'. Selain karena Xhaka memang menyukai segala hal berkaitan dengan sains, ia juga punya kemampuan tinggi dalam ball possesion, membaca permainan lawan dan mematahkan serangan lawan.

Di Monchengladbach, Xhaka menjadi kapten tim menggantikan sang kapten utama Martin Stranzl. Ia dikenal piawai dalam men-tackle dan mengintersep lawan yang masuk daerah pertahanannya. Xhaka mampu mengantarkan Borussia Monchengladbach masuk babak kualifikas Liga Champions musim depan.

Namun, Xhaka tak harus melewati babak kualifikasi bersama Arsenal. Klub asal London Barat itu sudah mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan, dengan finis di urutan dua klasemen akhir Liga Inggris 2015-2016.

Arsenal mendapatkan Xhaka dalam kontrak 'jangka panjang' tanpa disebutkan nilai kontraknya. (Soccerway/SkySport/Daily Star)

Editor:  Damar Fery Ardiyan

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!