Saul “Canelo” Alvarez. Foto: Antara

KBR- Petinju Inggris, Amir Khan menuai pujian meski kalah knock-out pada ronde keenam saat melawan Saul “Canelo” Alvarez di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu, 8 Mei 2016. Promotor pertandingan tinju, Oscar De La Hoya mengatakan, pujian tersebut diberikan karena Khan berani menantang juara kelas menengah versi World Boxing Council (WBC), 2 tingkat di atas peringkatnya.

“Amir Khan adalah salah satu petarung paling berani di planet ini. Dia tidak kalah hari ini. Dia akan bangkit. Aku yakin dia bisa mengalahkan siapapun. Kecepatan dan pengalaman amatir miliknya, tidak kusangka dia sangat cepat bergerak. Dia adalah petinju yang diberkahi dan memiliki disiplin yang tinggi,” terang Oscar De La Hoya seperti dikutip dari the guardian.

Selain itu, menurutnya Amir Khan diberikan banyak pujian, karena dirinya berani dan sanggup melawan Canelo pada ronde awal. Bahkan Canelo mengaku dirinya mengalami kesulitan menghadapi Amir, sebelum akhirnya tangan kanan Canelo sanggup meninju Amir dengan keras.

“Canelo mengakui dirinya mengalami kesulitan pada ronde awal. Hal ini lah yang bisa dilakukan Amir. Dirinya terlalu berani, dan ini sangatlah baik. Tidak akan ada petinju kelas menengah yang bisa memiliki kecepatan seperti Amir,” ujar De La Hoya.

Amir Khan harus mengakui keunggulan Saul ‘Canelo’ Alvarez setelah dipukul keras pada ronde keenam. Khan sempat memberikan tekanan dan perlawanan pada ronde kesatu hingga kelima pada Canelo.

Seperti diperkirakan di awal, petinju Inggris itu menggunakan kecepatannya untuk menyerang Canelo serambi menghindar cepat saat mendapat serang balik. Namun, pada ronde keenam Canelo berhasil memanfaatkan peluang ketika pertahanan Khan sedikit terbuka dan memukul hingga jatuh.

Meski sudah dinyatakan menang, Canelo tak merayakan kemenangannya langsung. Ia duduk di sebelah Khan untuk memastikan, petinju Inggris itu dalam kondisi baik pasca dipukul jatuh dan kepalanya sedikit terbentur kanvas.

“Saya ingin keluar menjadi juara, namun sayangnya saya tidak bisa sampai akhir. Tatangan ini datang dan sulit ditolak,” kata Khan seperti dikutip dari BBC.

Dengan kekalahan ini, Khan telah kalah 4 kali dari 35 pertandingan, dengan catatan 3 diantaranya kalah KO. Sementara, Canelo telah menang 47 kali dan 33 diantaranya menang KO.  (The Guardian dan BBC)

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!