Alan Budikusuma / Photo: Antara

Legenda atlet bulutangkis putra Indonesia Alan Budikusuma pesimis Indonesia bisa membawa pulang Piala Sudirman yang akan berlangsung di Tingkok pada 10 hingga 17 Mei pekan depan.

KBR, Balikpapan – Legenda atlet bulutangkis putra Indonesia Alan Budikusuma pesimis Indonesia bisa membawa pulang Piala Sudirman yang akan berlangsung  di Tingkok pada 10 hingga 17 Mei  pekan depan.

Peraih medali emas olimpiade Barcelona tahun 1992 itu mengatakan, Indonesia akan sangat sulit mengatasi China dan Korea Selatan karena kualitas kedua negara itu merata di semua sektor. Apalagi China bermain dikandang.

Menurutnya, maksimal Indonesia kemungkinan hanya mentok sampai pada babak semifinal sesuai target PBSI. Kalaupun ingin tembus sampai babak final, minimal harus terhindar dari China maupun Korea Selatan dibabak semifinal.

Itu pun kata Suami Susi Susanti itu, tim Indonesia harus bisa mempersiapkan strategi terbaik, karena selain China dan Korea Selatan, Indonesia juga harus bisa mengatasi Denmark, Jepang bahkan India untuk bisa mencapai semifinal.

Dia menjelaskan, kelemahan Indonesia disektor tunggal putra dan putri yang akan sangat sulit untuk bisa menyumbangkan poin. Indonesia hanya bisa menyumbangkan poin melalui ganda putra, ganda campuran dan ganda putri.

"Memang saat ini dikategori tunggal putra dan juga tunggal putri yang agak lemah. Tapi kita harapkan kita bisa menang di ganda putra, ganda putri maupun ganda campuran. Jadi saya rasa yang penting bagaimana kita bisa mempersiapkan strategi sebaik mungkin. Memang kalau saya lihat sih yang paling b erat China dan Korea itu tim yang paling merata baik tunggal maupun gandanya. Minimal sih target kita semifinal,” kata Alan Budikusuma, Selasa (5/5/2015).

Alan Budikusuma mengungkapkan, tiga ganda andalan Indonesia yang masuk peringkat 10 besar dunia yakni Hendra Setiawan/M. Ahsan ganda putra,  Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari ganda putri dan Lilana Natsir/Tantowi Ahmad ganda campuran.

Kata dia, selama kejuaran Piala Sudirman, Indonesia hanya sekali merengkuh Piala Sudirman, saat ajang bergengsi itu untuk pertama kali digelar pada tahun 1989 lalu. Ketika itu Indonesia masih diperkuat pemain-pemain kelas dunia.

Dia menambahkan, rencananya tim Indonesia akan menuju China, pada Rabu (6/5) besok, dengan kekuatan 20 pemain. Indonesia tergabung di grup C bersama Denmark dan Inggris. Indonesia bakal menjalani laga pertama melawan Inggris pada 10 Mei dan Denmark 13 Mei.

Tim Inti Putra:

- Jonatan Christie

- Firman Abdul Kholik

- Ihsan Maulana Mustofa

- Mohammad Ahsan

- Hendra Setiawan

- Angga Pratama

- Ricky Karanda Suwardi

- Kevin Sanjaya Sukamuljo

- Marcus Fernaldi Gideon

- Tontowi Ahmad

- Praveen Jordan

Tim Inti Putri:

- Linda Wenifanetri

- Bellaetrix Manuputty

- Hanna Ramadini

- Greysia Polii

- Nitya Krishinda Maheswari

- Della Destiara Haris

- Anggia Shitta Awanda

- Liliyana Natsir

- Debby Susanto

Editor: Malika

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!