Ini penampakan winglet di motor yang dipakai Marc Marquez (Foto: crash.net)

KBR- Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menjadi yang tercepat dalam sesi tes di Sirkuit Jerez, Spanyol. Padahal, pada balapan Minggu lalu, ia gagal menempel Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang berada di depannya. Setelah balapan, selain mengakui keunggulan duo Yamaha di depannya, ia juga mengaku gagal mendapatkan setting yang pas bagi motornya.

Capaian positif yang diraih Marquez pada hari ini disebabkan lantaran penggunaan winglet atau sayap di motornya. Dalam sesi tes tersebut, Honda bereksperimen menggunakan enam buah sayap sekaligus yang dipasang bertingkat di kedua sisi motor. Langkah tersebut terbukti memangkas catatan waktu yang ditorehkan pebalap Spanyol itu.

"Hari ini kami mencoba banyak hal. Kami melahap banyak lap, dari pagi sampai jam terakhir. Saya puas dengan feeling yang didapat. Kami mencoba beberapa sayap berbeda dan sepertinya itu bekerja dengan cara yang berbeda," tutur Marquez seperti dikutip Crash.

"Aksesoris tersebut punya potensi. Itu sudah dimulai dan tidak akan berhenti. Di masa mendatang kami harus melakukan sesuatu, tapi saat ini sudah oke kami bisa melakukannya dan kami mengerjakan aerodinamis untuk mencobanya dan mengembangkannya. Kami juga menguji tiga ban depan berbeda, tapi yang kami gunakan di akhir pekan ini (MotoGP Spanyol) juga bekerja dengan baik," tambahnya.

Penggunaan aksesoris berupa sayap atau winglet di Moto GP masih simpang siur masa depannya. Komisi Grand Prix saat ini tengah menunggu proposal dari MSMA (asosiasi pabrikan) terkait perangkat aerodinamis tersebut. Sebagai catatan, winglet kelas Moto 2 sudah dilarang penggunaannya musim ini sementara pada kelas Moto 3 pelarangannya baru berlaku musim 2017 mendatang.

Sementara di kelas Moto GP, penggunaan winglet hanya sebatas aksesoris saja. Artinya, masing-masing pebalap memiliki opsi mau atau tidak memasang winglet di motornya. Satu-satunya tim yang menggunakan winglet menjadi satu bagian dari motornya adalah tim Ducati, yang akan dibela Jorge Lorenzo musim depan. (crash.net)

Berikut hasil tes Jerez, Senin (04/26):
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 39.313s [Lap 11/91]
2. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 39.332s +0.019s [26/59]
3. Maverick Viales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 39.536s +0.223s [14/91]
4. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 39.632s +0.319s [50/52]
5. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 39.646s +0.333s [65/76]
6. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 39.682s +0.369s [8/71]
7. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 1m 39.812s +0.499s [79/82]
8. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 1m 39.879s +0.566s [10/55]
9. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 39.942s +0.629s [40/62]
10. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 1m 40.027s +0.714s [46/50]
11. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 40.335s +1.022s [70/71]
12. Yonny Hernandez COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 1m 40.351s +1.038s [83/83]
13. Stefan Bradl GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 40.674s +1.361s [50/66]
14. Jack Miller AUS Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 1m 40.681s +1.368s [5/65]
15. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 1m 40.844s +1.531s [20/59]
16. Tito Rabat ESP Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V)* 1m 40.919s +1.606s [20/94]
17. Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 40.960s +1.647s [29/62]
18. Michele Pirro ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 1m 41.442s +2.129s [42/55]
19. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 1m 41.462s +2.149s [26/85]

Editor: Dimas Rizky

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!