Pembalap BMX Indonesia menjajal sirkuit BMX Muncar Banyuwangi. Foto: Hermawan

KBR, Banyuwangi - Menjelang laga kompetisi Banyuwangi Internasional BMX pada 2-3 April besok, pembalap BMX mulai berlatih di Sirkuit BMX Muncar. Salah satunya tim nasional (Timnas) BMX Indonesia yang rutin menggeber latihan sejak kedatangannya di Banyuwangi satu minggu lalu.

Timnas BMX Indonesia menurunkan 3 atlet pelatnas yakni Elga Kharisma Novanda, Tony Syarifudin dan Rio Akbar. Ketiganya mengikuti kompetisi ini untuk mengejar poin tambahan agar bisa lolos ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Elga dan Toni menjadi dua atlet BMX yang diharapkan bisa lolos Olimpiade 2016. Di level atlet elite putri dunia, Elga saat ini masih berada di peringkat 37, sedangkan Toni berada di urutan 78.

Pada kompetisi ini, pebalap nasional ini akan menghadapi perlawanan, khususnya pada kategori Man Elite. Sebab pebalap BMX profesional dunia asal Denmark, Jimmy Therkelsen akan ikut berlomba. Jimmy diprediksi menjadi kandidat juara di kategori profesional pria ini.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi mengatakan, penyempurnaan terhadap lintasan ini sudah selesai. Sedangkan perbaikan tribun penonton sampai saat ini terus dilakukan. “Alhamdulillah sudah internasional. Ini sudah empat kali ketika dibangun pada saat PON, tetapi treknya ini masih menantang dan bagus. Cuma secara bertahap termasuk infrastuktur, termasuk tribun penonton dan sebagainya secara bertahap ini akan kita cukupi,” kata Wawan Yadmadi (1/4/2016).

Sejak Kamis (31/3/2016), puluhan pembalap asal Indonesia dan Jepang terus berlatih menjajal Sirkuit Muncar ini. Mereka sengaja datang lebih awal ke Banyuwangi untuk mengetahui tingkat kesulitan track.

International BMX Competition ini merupakan rangkaian agenda Banyuwangi Festival (B-Fest) 2016 dan terdaftar dalam kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI). Pada kompetisi perdana ini, setidaknya 328 peserta dari dalam dan mancanegara akan saling beradu, antara lain Malaysia, Thailand, Timor Leste, Denmark, Australia, Jepang dan Swiss.


Editor: Damar Fery Ardiyan

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!