Ilustrasi: Dua wisatawan berfoto di depan Monumen Bom Bali yang bebas kendaraan saat merayakan pergantian tahun di Kuta, Sabtu (31/12/2016). (Foto: ANTARA)


KBR, Bali - Jelang perayaan pergantian tahun, sejak sore tadi kawasan wisata Kuta, Bali disterilkan dari kendaraan bermotor.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan massa yang hendak merayakan tahun baru di Pantai Kuta. Kapolsek Kuta, Wayan Sumara mengatakan, pihaknya juga melakukan penutupan sejumlah akses jalan dan pengalihan arus lalu lintas.

Penutupan dilakukan di antaranya di kawasan central parkir dan Tuban.

"Apel gabungan di central parkir gabungan Polda, Polresta, Polsek Kuta, termasuk instansi terkait dan Pecalang desa adat Kuta. Penutupan arus akan dilakukan bertahap dan secara total akan ditutup yang mengarah Ground Zero, jalan pantai Kuta, Melasti akan ditutup jam empat," jelas Wayan Sumara di Bali, Sabtu (31/12/2016).

Kapolsek Kuta Wayan Sumara meminta seluruh pemangku sektor pariwisata seperti manajemen penginapan baik hotel maupun villa tak lagi menerima tamu. Sehingga, tak ada kendaraan yang melewati kawasan wisata Kuta.

Dengan begitu, potensi konflik di lapangan pun bisa diminimalisir. Sebab berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kata Wayan Sumara, pelaku bisnis pariwisata seringkali memaksakan kendaran masuk di kerumunan massa yang sedang merayakan tahun baru.

Baca:

Untuk menghindari penumpukan volume kendaraan, kepolisian menyiapkan sejumlah kantong parkir bagi kendaraan yang hendak mengarah ke Legian dan Pantai Kuta. Di antaranya di central parkir dan sejumlah lahan kosong di sekitar Jalan Dewi Sri. Selain itu, petugas juga memaksimalkan badan jalan yang cukup lebar.

Kantong parkir juga disiapkan bagi kendaraan dari arah bandara sementara kendaraan yang sudah berada di Kawasan Kuta yang tidak bisa keluar akan disediakan lahan parkir di Hotel Anggrek.

Ada sekitar hampir 1000an personil kepolisian yang disiahakan untuk mengamankan Kawasan Wisata Kuta pada perayaan tahun baru ini. Sementara bagi warga yang ingin merayakan dengan pesta kembang api dan petasan, kata Kapolsek Kuta Wayan Sumara, telah disiapkan lokasi yang dipusatkan di sepanjang pantai. (ika)



Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!