Tinggi Abu Erupsi Gunung Sinabung Capai 2,3 Kilometer

Erupsi Gunung Sinabung terjadi pada pukul 06.08 WIB disertai gempa selama 277 detik.

Minggu, 05 Nov 2017 13:51 WIB

Ilustrasi. Foto: BPBD Karo

KBR, Karo - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara masih terus mengalami erupsi. Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung Armen Putra mengatakan erupsi terjadi pada pukul 06.08 WIB disertai gempa selama 277 detik.

"Terjadi erupsi Sinabung dengan tinggi kolom abu 2300 meter. Pada saat erupsi arah angin lemah ke selatan-barat daya," kata Armen Putra kepada KBR, Minggu (5/11) .

Armen menjelaskan ketinggian abu mencapai 2,3 kilometer. Kendati demikian, Gunung Sinabung tidak mengeluarkan guguran lava dan luncuran awan panas. Sementara kondisi puncak terpantau kurang jelas karena sedikit tertutup kabut.

Gunung Sinabung masih dalam status awas atau berada di level IV. Armen mengimbau masyarakat sekitar Gunung Sinabung untuk menghindari zona bahaya karena masih berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi.

"Hindari zona merah. Apalagi sekarang musim hujan hindari juga termasuk lahar. Saat ini kuba lava juga masih cukup tinggi. Jadi ancaman awan panas masih ada," tutup Armen. 

Editor: Sasmito

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

MKD DPR: Kalau Ada yang Bilang 'DPR Rampok Semua', Bisa Kami Laporkan ke Polisi

  • Kapolri Ancam Copot Pejabat Polri di Daerah yang Gagal Petakan Konflik Sosial
  • Impor Garam 3,7 Juta Ton, Susi: Bukan Rekomendasi KKP
  • Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas
  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

Wiranto Siapkan Dua Opsi soal Polemik PJ Gubernur Polri

  • Bekas Pimpinan KPK: Kasus Novel Tak Tuntas Bisa Jadi Catatan Buruk Jokowi untuk 2019
  • Longsor Terjang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, 4 Tewas 6 Luka Parah
  • Sanksi Baru Amerika Untuk Korut

Pada 2018 Yayasan Pantau memberikan penghargaan ini kepada Pemimpin Redaksi Kantor Berita Radio (KBR) Citra Dyah Prastuti, untuk keberaniannya mengarahkan liputan tentang demokrasi dan toleransi.