Rel Terendam Banjir di Sidoarjo, Dua Rangkaian KA Batal Berangkat

Dipastikan hari Senin ini tidak ada jadwal pemberangkatan dan kedatangan dua kereta api tersebut, di wilayah Daop IX Jember yaitu di sepanjang stasiun Pasuruan hingga Banyuwangi.

Senin, 27 Nov 2017 09:09 WIB

Ilustrasi. Rel kereta api terendam banjir di kawasan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (28/4/2015). (Foto: ANTARA/Umarul Faruq)

KBR, Banyuwangi - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) batal memberangkatkan dua rangkaian kereta api di wilayah PT KAI Daerah Operasional (Daops) 9 Jember Jawa Timur, akibat banjir merendam rel kereta api di Jalan Raya Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Juru bicara PT KAI Daop 9 Jember Lukman Arif mengatakan dua  kereta api yang batal berangkat adalah KA Logawa relasi Jember-Purwokerto serta KA Sritanjung relasi Banyuwangi-Yogyakarta. 

Dua rangkaian KA itu batal diberangkatkan karena sejak Minggu (26/11/2017) malam hingga Senin pagi ini banjir yang mengenangi perlintasan kereta api belum juga surut, sehingga berbahaya jika dilewati kereta api.

Lukman mengatakan dengan pembatalan pemberangkatan itu, dipastikan hari Senin ini tidak ada jadwal  pemberangkatan dan kedatangan dua kereta api tersebut, di wilayah Daop IX Jember yaitu di sepanjang stasiun Pasuruan hingga Banyuwangi. Khusus hari ini, dua kereta itu hanya sampai Stasiun Gubeng Surabaya.

"Sejak kemarin perjalanan KA Sritanjung, Logawa, Ranggajati, Mutiara Timur premium dan Mutiara Timur reguler tidak bisa melanjutkan perjalanan. Demikian juga pagi hari ini kereta api Logawa dari Jember dengan tujuan Purwokerto dan kereta api Ranggajati dari Jember dengan tujuan akhir Cirebon untuk relasi Jember dengan Surabaya Gubeng kami batalkan perjalananya," kata Lukman Arif di Banyuwangi, Senin (27/11/2017).

Lukman Arif menambahkan, pembatalan dua kereta api kelas ekonomi jarak jauh tersebut hanya berlangsung untuk hari ini saja. Namun keputusan selanjutnya akan disesuaikan dengan kondisi banjir di sekitar rel kereta api di Jalan Raya Porong tersebut.

Banjir yang menggenangi rel kereta api di Jalan Raya Porong mengganggu sejumlah perjalanan kereta api di wilayah Daop IX Jember, sejak Minggu malam (26/11/2017). 

Sejumlah kereta yang terdampak banjir Porong  yaitu, kereta api Mutiara Timur siang dan malam jurusan Banyuwangi-Surabaya, kereta api Logawa jurusan Jember-Purwokerto dan kereta api Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta. 

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

Praperadilan Setnov Gugur

  • Pemkab Nunukan Hutang Rp 40 Miliar
  • Kanada Izinkan Ekspor Senjata ke Ukraina
  • Sepupu Nani Dapat Kontrak United

Kemiskinan, konflik senjata, norma budaya, teknologi komunikasi modern, kesenjangan pendidikan, dan lain-lain. Kondisi-kondisi ini membuat anak rentan dieksploitasi