BERITA

PAN: Tokoh Pasundan dan Ormas Meminta Kami Dukung Deddy Mizwar

"PAN tidak bisa mengusung sendiri calon gubernur di Pilgub Jawa Barat karena jumlah kursi tidak memadai."

Gilang Ramadhan

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Bandung, Rabu (25/10
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Bandung, Rabu (25/10/2017). (Foto: ANTARA/M Agung Rajasa)

KBR, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan akan tetap mengusung Deddy Mizwar pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Jawa Barat 2018. 

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan PAN memilih Deddy Mizwar berdasarkan masukan masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat dan berbagai organisasi kemasyarakatan di Jawa Barat. 

"Kami bertemu masyarakat, tokoh-tokoh Pasundan. Mereka memberi masukan dan meminta agar kami mendukung Deddy Mizwar. Beberapa warga Nahdatul Ulama datang kepada kami, begitu juga Muhammadiyah, Al Washliah, Persis, ICMI, LDII, Majelis Ulama Indonesia juga rame-rame datang," kata Zulkifli di Komplek Parlemen DPR, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Zulkifli tidak menyebut nama tokoh Pasundan yang mendorong pencalonan Deddy Mizwar. 

Secara resmi PAN memberikan dukungan kepada Deddy Mizwar pada Rabu 25 Oktober 2017 lalu. 

Zulkifli mengatakan PAN kini tengah berkomunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi di Pilgub Jabar 2018. Alasan utamanya, PAN tidak bisa mengusung sendiri calon gubernur di Pilgub Jawa Barat karena jumlah kursi tidak memadai.

Beberapa partai yang tengah dijajaki PAN untuk berkoalisi antara lain Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra dan Partai Demokrat. Zulkifli mengatakan, PAN juga tidak menutup kemungkinan berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

"Lebih banyak partai lebih bagus, silahkan saja. Kalau PAN sendiri kan nggak cukup," ujarnya.

Namun, kata Zulkifli, PAN belum menentukan bakal calon wakil gubernur yang akan dipasangkan dengan Deddy Mizwar dalam Pilkada serentak 2018. Menurut Zulkifli, hal itu akan dibahas dengan partai koalisi di kemudian hari.

Saat ini sejumlah partai sudah secara resmi mengumumkan nama yang bakal diusung dalam pemilihan gubernur Jawa Barat. Partai Golkar, PPP dan Partai Nasdem secara resmi namun terpisah mengusung nama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Barat.

Di lain pihak, kader Golkar yang kini menjadi Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi justru dilirik PDI Perjuangan. 

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

  • Pilgub Jawa Barat 2018
  • Pilgub Jabar
  • Pilkada Serentak 2018
  • Pilkada 2018

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!