BERITA

Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi Masuk Tahap Tender

"Proyek jalan tol yang dibangun untuk mengatasi kemacetan jalur Pantai Utara bagian timur tersebut ditargetkan rampung pada 2019."

Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi Masuk Tahap Tender
Ilustrasi. Pembangunan jalan tol. Foto: Binamarga



KBR, Banyuwangi- Proyek pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi,  Jawa Timur,  sudah memasuki tahap tender.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan tahap penyelesaian perencanaan sudah rampung. Kata dia, saat ini proyek tersebut memasuki tahap tender.  Dia memastikan tidak ada masalah berarti terkait pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol. Sebab menurutnya separuh lahan yang akan digunakan adalah milik pemerintah.

Basuki menjelaskan, dari total lahan sekitar 50 kilometer adalah milik PTPN atau Perhutani. Proyek jalan tol yang dibangun untuk mengatasi kemacetan jalur Pantai Utara bagian timur tersebut ditargetkan rampung pada 2019.

Ia tidak bisa menyebutkan besaran anggaran karena masih dalam perencanaan desain.

“Probolinggo-Banyuwangi 170 kilometer, sekarang lagi tender atau lelang kebetulnya trasenya 98 kilo melalui hutan. Sehingga mungkin pengadaan tanahnya kita bisa pakai lahan BUMN Perhutani itu, makanya kita berani tender habis itu langsung bekerja. Karena ini sudah tender mungkin tahun ini pemenangnya sudah ada,”kata Basuki Hadimuljono, Senin (10/10/2016).

Sementara itu, jalan tol sepanjang 156 kilometer ini melewati tiga kabupaten, yakni Probolinggo sepanjang 26 kilometer, Situbondo 103 kilometer, dan Banyuwangi 27 kilometer. Pembebasan lahan untuk jalan tol di tiga kabupaten tersebut seluas 1.325 hektare. Dengan rincian, 434 hektare lahan permukiman, sawah 197 hektare, dan perkebunan 694 hektare.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum di Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Banyuwangi, estimasi dana yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol ini sebesar Rp 6,7 triliun. Jalan tol Probolinggo-Banyuwangi ini menjadi kelanjutan pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo melalui jalur Pantai Utara atau Pantura.

Editor: Malika

  • tol probolinggo - banyuwangi
  • Basuki Hadimuljono

Komentar (22)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • sudarmo7 years ago

    Saya warga Besuki Situbondo sangat mendukung proyek toll Probolinggo Banyuwangi tsb,krn di daerah sy byk dilalui kendaraan besar spt bus dan truck shg angka kecelakaan lalu lintas sangat tinggi. Oleh krn itu kami sangat berharap proyek toll tsb bisa segera terealisir.

  • sahlan efendi7 years ago

    Sy selaku warga masyarakat kec. Besuki Situbondo merasa senang sekali dg adanya jalan tol Probolinggo Banyuwangi, sehingga akan mengurangi kemacetan d jln pantura, kalau bisa sy mohon utk tol yg jurusan Situbondo agar bisa di rencanakan

  • kholid zaifullah7 years ago

    mantap banget,.. lanjutkan smoga dberi kleancaran dalam pembangunannya,. sy slaku warga besuki mendukung banget

  • siswanur7 years ago

    Sebagai warga probolinggo kami bangga ....demi kelancaran penguna semoga para pendukung jalan ini diberikan kemudahan dan kelancaran.

  • happy harimukti7 years ago

    Kasih nama tol Sibango (situbondo banyuwangi probolinggo) mantab, pulang kampung biar cepet sampai !!

  • Hery 001 Kraksaan7 years ago

    Amin ,, Semoga terlaksana dengan lancar, Mengingat sepanjang jl. Pantura Probolinggo semakin sempit saja di akibatkan kendaraan semakin tahun semakin bertambah. Dengan adanya Tol Probolinggo - Banyuwangi ini kendaraan akan terbagi lajunya sehingga kemacetan setiap hari ini semakin lenggang dan mengingat mengurangi nilai tambahnya kecelakan yg sering terjadi sepanjang jln Pantura Probolinggo.

  • Fendi Mochso7 years ago

    Jangan biarkan Ahmad Dhani nyanyi di tol ini. Terimakasih

  • dani jumair7 years ago

    434 ha lahan pemukiman?? bagi yg dilewati jalur pembangunan tol, siapkah anda digusur??

  • Riska Hariyati7 years ago

    Saya sekalu warga Probokinggo sangat setuju sekali dengan rencana ini. Tapi yg perlu diingat adalah sebelum proyek ini di kerjakan harus memperhatikan lahan pemukiman yg akan di gunakan, jgn sampai proyek ini merugikan masyarakat kecil. Ini merupakan pembangunan yg bisa memajukan kabupaten Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi. Semoga diberi kelancaran Amin

  • rizki7 years ago

    semoga cepet terlaksana. mari kita mengucapkan "Bismillahirrohmanirrohim" bersama2.

  • mustofa7 years ago

    saya warga banyuwangi amat senang dan setuju sekali dengan adanya rencana ini, kalau bisa usul bank/om/kang, kasih nama tol SIGOBANG (SITUBONDO- PROBOLINGGO- BANYUWANGI) SIP........!!!

  • Asdi7 years ago

    Kasih nama Tol PROBOSITUWANGI ( Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi )

  • Asdi7 years ago

    Saya warga Kotaanyar-Probolinggo.......Mudah mudahan lancar dan cepat terlaksana.....Amin. Tol PROBOSITUWANGI

  • Datul7 years ago

    saya warga paiton-Probolinggo... Semoga selesai sesuai target amiin bismillah 2019.. demi kelancaran bersama

  • edo7 years ago

    bismillah semoga rumah saya kena tol....hehwhee

  • lutfil amin7 years ago

    Saya warga Besuki Situbondo sangat berharap sekali jalan tol probolinggo banyuwangi ini segera terealisasi, selama ini perjalanan dari probolinggo banyuwangi membutuhkan waktu yang sangat lama dan membosankan. karena kondisi jalan yang sempit bergelombang dan banyak skali dilalui truk dengan muatan yang sangat mengganggu kelancaran perjalanan

  • ASSALAMA7 years ago

    saya warga situbondo sangat mendukung sekali pembangunan tol probolinggo banyuwangi. semoga segera terealisasi. aamiiin

  • sunan7 years ago

    Rute tolx mana. Kuatir rumah di situbondo kna gusur.

  • Masriyadi7 years ago

    Semoga lancar dan terlaksana tidak ada halangan apapun aamiiinnn... Jalan tol PSB...

  • Isolforever47 years ago

    Sy berharap smoga c'4 selesai....

  • ma'rup7 years ago

    sy warga besuki situbondo senang sekali mendapat kabar adanya proyek tol probolinggo banyuawangi, Karena setahu saya jalan pantura di sepanjang situbondo banyak yg rusak akibat kendaraan berat sehingga sangat mengganggu pengguna jalan, moga cepat terrealisasikan amin...

  • Andre6 years ago

    Sy senang dengan adanya jln tol ini mudah2an tanah sy kenak.. hehehe....