Sejumlah pejabat di Bondowoso asyik menikmati pagelaran Jazz De Ijen di halaman hotel Arabika, Jumat (14/10/2016). (KBR/Friska Kalia).

KBR, Bondowoso- Pejabat  di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, punya cara tersendiri untuk menikmati keindahan alam yang tersaji di kawasan Agropolitan, Kecamatan Sempol. Jazz De Ijen, adalah salah satunya. Pagelaran musik jazz yang digelar di alam terbuka ini kerap mengundang musisi jazz kenamaan Indonesia untuk tampil dan menghibur seluruh pejabat yang hadir.

Kepala Dinas Pariwisata Bondowoso, Jawa Timur, Harry Patriantono mengatakan, Jazz De Ijen tahun ketiga ini mengusung tema Republik Kopi yang merupakan jargon anyar Kabupaten ini. Dihadiri oleh Bupati dan seluruh jajarannya, Jazz De Ijen tahun ini menghadirkan Deddy Dukun dan Dian Pramana Putra sebagai bintang tamu.

"Yang hadir Bupati, Sekkab, Kajari dan seluruh pimpinan SKPD (satuan kerja perangkat daerah). Kita juga undang Direksi PTPN XII dan Divre Perhutani Jawa Timur untuk hadir," kata Harry Patriantono kepada KBR, Jumat (14/10/2016).

Dikatakan Harry, meski penikmat jazz di Bondowoso bukan mayoritas, namun ida  yakin bisa memasyarakatkan jazz dengan kemasan yang lebih ringan.

"Memang penikmat jazz itu kalangan tertentu. Tapi kita kemas lebih ke arah pop jazz agar bisa dinikmati semua kalangan," ungkapnya.

Jazz De Ijen Bondowoso pertama kali digelar   2014 lalu. Sejak saat itu, pegelaran musik jazz ini rutin digelar setiap tahun. Sayangnya, pagelaran ini tak terlalu banyak menyedot perhatian warga sekitar lokasi. Pantauan KBR, tak banyak masyarakat yang datang.

Kesan ekslusif langsung terlihat sesaat setelah memasuki halaman Hotel Arabika. Ini tergambar dari letak dan posisi kursi yang mayoritas disediakan hanya untuk pejabat yang datang bersama keluarga. Sisanya memilih menyaksikan penyanyi di panggung dengan berdiri.

Saleh, salah seorang warga sekitar Hotel Arabika hanya melihat Jazz De Ijen dari kejauhan. Saleh mengaku sungkan untuk masuk ke area hotel karena selama ini memang tak banyak masyarakat biasa, yang bisa keluar masuk kawasan hotel.

Dari target 400 pengunjung, lokasi acara yang terletak di  halaman Hotel Arabika mayoritas dipenuhi kalangan pejabat Pemkab dan beberapa tamu undangan.

Editor: Rony Sitanggang

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!