BERITA

Jembatan Putus, Siswa Perbatasan Nunukan Menginap Seminggu di Sekolah

"Warga beberapa desa juga terpaksa berenang atau bergelantungan pada kawat (sling) baja sisa jembatan gantung yang rusak untuk menyeberangi sungai selebar 30 meter itu menuju desa lain. "

Jembatan Putus, Siswa Perbatasan Nunukan Menginap Seminggu di Sekolah
Seorang warga mencoba bergantung pada kawat jembatan yang rusak di desa Long Umung Nunukan. Jembatan ini menjadi penghubung satu-satunya antardesa di daerah perbatasan Nunukan Kaltara. (Foto: Aprem/Ad


KBR, Nunukan
– Sejumlah siswa SMP di Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara terpaksa menginap sepakan di asrama sekolah.

Mereka tidak bisa berangkat pulang ke sekolah setiap hari karena terputusnya jembatan yang menghubungkan beberapa desa di wilayah perbatasan dengan sekolah.


Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Nunukan, Aprem mengatakan selain merepotkan anak sekolah, warga beberapa desa juga terpaksa berenang atau bergelantungan pada kawat (sling) baja sisa jembatan gantung yang rusak untuk menyeberangi sungai selebar 30 meter itu menuju desa lain.


Warga terpaksa mengambil langkah membahayakan itu karena tidak ada jalan alternatif untuk menuju sekolah atau daerah lain.


"Yang nginap itu dari Desa Pa Raye, Desa Wa Yagung dan Desa Bungayan. Merekabaru pulang hari Sabtu. Otomatis begitu, (karena) tidak ada jalan lain, jadi mereka tetap mengikuti jalan itu. Yang tidak bisa berenang ya mau tidak mau dia harus bergantung lewat situ," ujar Aprem Selasa (18/10/2016).


Aprem menambahkan jembatan gantung itu sangat dibutuhkan oleh warga tiga desa yaitu Desa Pa Raya, Desa Wa Yagung dan Desa Bongaya. Jembatan itu merupakan satu-satunya akses yang menghubungkan dengan desa lain di wilayah perbatasan.


Aprem mengatakan warga menyuarakan harapan agar pemerintah daerah segera membangun jembatan tersebut. Jembatan itu sudah rusak tiga tahun ini.


Selain menyulitkan anak berangkat sekolah, warga juga kesulitan memperoleh kebutuhan pokok maupun kesulitan membawa hasil panen padi mereka ke luar daerah.


Editor: Agus Luqman 

  • Nunukan
  • Kalimantan Utara
  • jembatan putus
  • jembatan penghubung
  • infrastruktur rusak
  • Daerah Perbatasan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!