BERITA

Jumlah Pemilih Jawa Barat Berkurang Dari Pilgub 2013

Jumlah Pemilih Jawa Barat Berkurang Dari Pilgub 2013

KBR, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyatakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur  (pilgub) 2017 mengalami pengurangan dari pemilu serupa pada 2013. Jumlah DPT pada pilgub 2013 mencapai 33 juta pemilih, sedangkan pilgub 2018 sebanyak 32.809.057 pemilih.

Menurut Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat, salah satu faktor yang mengakibatkan jumlah pemilih berkurang adalah identitas ganda yang terdeteksi melalui KTP elektronik.


"Tetapi kan ada koreksi dari DPT pemilu terakhir dari 11 kabupaten kota di situ KTP elektronik kan berlaku, jadi ada pengurangan jumlah DPT di masing - masing di 11 kabupaten kota. Faktornya kan banyak seperti itu jadi bukan bertambah tetapi berkurang," kata Yayat Hidayat di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Bandung, Minggu, 10 September 2017.


Yayat menambahkan pengurangan jumlah pemilih juga terjadi pada pemilihan presiden dan wakil presiden lalu. Hari ini, Minggu (10/9) KPU Jawa Barat menggelar rapat pleno. KPU menetapkan 3 keputusan dalam rapat pleno.


Tiga putusan tersebut adalah  pemungutan suara pada Rabu 27 Juni 2018, rekapitulasi DPT pemilu terakhir, dan syarat  pengajuan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari partai politik .

Editor: Sasmito

  • pilgub jawa barat
  • pemilih
  • kpu jawa barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!