Ajang balap sepeda Tour de Flores 2016. (Foto: manggaraikab.go.id)



KBR, Kupang
- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur berencana menggelar lomba balap sepeda internasional lintas Pulau Timor atau Tour de Timor.

Tour de Timor 2016 merupakan kerja bersama antara Indonesia dan Timor Leste. Sebelumnya, Timor Leste juga beberapa kali menggelar balap sepeda Tour de Timor di negara mereka. Sementara NTT juga menggelar Tour de Timor pertama pada tahun lalu.

Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Ardu Jelamu mengatakan Tour de Timor 2016 akan digelar awal November mendatang. Lomba balap sepeda itu digelar mulai Dili Timor Leste dan berakhir di Kota Kupang.

"Sampai saat ini kita masih berkoordinasi dengan even organizer-nya, karena mereka nanti yang akan mencari para pebalap, peserta touring dari berbagai negara dan juga dari Jakarta, Bali, Surabaya untuk ambil bagian dalam kegiatan ini," kata Marius Ardu Jelamu di Kupang, Kamis (8/9/2016).

"Sampai saat ini sudah ada 100 orang yang mendaftar dari luar. Tapi bukan tidak mungkin nanti akan semakin banyak dengan tambahan pebalap dari dalam negeri. (100) Itu baru dari luar, belum yang bergabung dari Timor Leste," lanjut Marius.

Marius Ardu Jelamu menambahkan lomba balap sepeda itu dimaksudkan untuk memperkenalkan berbagai potensi wisata sekaligus membentuk citra NTT sebagai destinasi wisata yang aman dan layak dikunjungi.

Selain itu, lomba juga untuk mempererat kembali hubungan persaudaraan antarwarga di Timor Barat dan Timor Timur atau Timor Leste, sekalipun sudah dipisahkan secara politik dan berbeda negara.

Balapan Tour de Timor 2016 akan dibagi empat etape. Etape pertama dimulai dari garis start di Dili (Timor Leste) menuju Atambua Belu (NTT) sepanjang 130 km lebih. Etape kedua dari Atambua di Kabupaten Belu menuju Kefamenanu di Kabupaten Timor Tengah Utara berjarak sekitar 90 km.

Etape ketiga melintasi Kefamnanu menuju So'e di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang berjarak sekitar 70 km lebih, dan etape terakhir dimulai dari So'e menuju Kota Kupang yang berjarak sekitar 110 km.

Tour de Timor sebelumnya sudah beberapa kali digelar oleh pemerintah Timor Leste sejak 2009. Ajang balap sepeda touring dan racing itu diinisiasi oleh Presiden Timor Leste saat itu, Jose Ramos Horta. Tour de Timor di Timor Leste menempuh jarak 450 kilometer yang digelar selama lima hari yang melewati 13 distrik.

Tour de Timor selanjutnya digelar menjadi agenda tahunan di Timor Leste.

Sedangkan di NTT, Tour de Timor pertama digelar 2015 lalu, melalui kerjasama pemerintah Provinsi NTT, Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) dan penyelenggara kegiatan. Agenda Tour de Timor 2015 menduplikasi acara serupa yang sukses digelar di berbagai daerah seperti Tour de Singkarak (Padang Sumatera Barat) dan Tour de Ijen (Banyuwangi Jawa Timur).

NTT juga menggelar balap sepeda internasional Tour de Flores pada Maret 2016 dan masuk agenda resmi Persatuan Balap Sepeda Internasional (IUC).

Editor: Agus Luqman 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!