BERITA

Ribuan Anak Putus Sekolah di Aceh

"DPR meminta Dinas Pendidikan dan kepala sekolah di Provinsi Aceh serius mengawal penyaluran dana beasiswa yang diberikan oleh pemerintah pusat. "

Erwin Jalaludin

Ribuan Anak Putus Sekolah di Aceh
Ilustrasi. Foto: Kemdikbud.go.id



KBR, Lhokseumawe– Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak Pemerintah Aceh untuk segera mengatasi persoalan tingginya anak putus sekolah.  DPR juga meminta Dinas Pendidikan dan kepala sekolah di Provinsi Aceh serius mengawal penyaluran dana beasiswa yang diberikan oleh pemerintah pusat.  

Anggota DPR RI, Muslim mengatakan saat ini ada ribuan anak yang putus sekolah di 23 kabupaten/kota di Aceh.  Sebagian besar anak putus sekolah ini, kata Muslim, berdomisili di kawasan pedalaman. Mereka terpaksa tak meninggalkan bangku sekolah lantaran tak mampu secara ekonomi. Penyebab lain, kata Muslim adalah kurangnya kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan bagi anak.

” Dinas Pendidikan dan kepala sekolah ketika mereka mengusulkan nama-nama yang mendapatkan beasiswa di pendidikan menengah itu harus diperhatikan betul dan dikawal betul. Banyak yang tidak berhak dapat, sebaliknya yang berhak malah tidak dapat. Ini harus diperbaiki, ” kata Muslim, Jum’at (23/9/2016) ketika melakukan kunjungan kerja di Aceh.  

Muslim menambahkan,  Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (ABPN) tahun 2016 sudah meluncurkan berbagai program beasiswa mencapai Rp 20 miliar di berbagai tingkatan sekolah, baik SD, SMP maupun SMA.

” Seharusnya situasi yang miris ini tak perlu terjadi, karena bisa ditanggulangi dengan beasiswa yang penerima manfaatnya berjumlah sekitar 20 ribu orang. Tapi, masih juga ada permasalahan anak putus sekolah disana-sini. Apakah penyalurannya yang kurang tepat ? tentu ini harus secepatnya dicarikan solusinya, ” tandas politisi asal Aceh dari Fraksi Demokrat itu.

Disamping itu juga, Pemda harus sering melakukan program peningkatan Sumber Daya Manusia terhadap guru yang dinilainya masih di bawah standar. Sehingga, kondisi ini mengakibatkan rendahnya mutu dan kualitas pendidikan di Aceh.

”Kita masih berada diposisi 3 dari bawah secara nasional. Ini juga persoalan yang begitu menyedihkan sekali. Artinya, harus ada pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam menunjang pendidikan disini,” timpalnya. 

Editor: Malika

  • anak putus sekolah
  • Aceh

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!