Ilustrasi: Petugas memeriksa tiket sejumlah pemudik sebelum masuk ke ruang tunggu di stasiun Kertapati, Palembang, Sumatra Selatan. (Foto: Antara)



KBR, Cirebon - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 3 Cirebon menambah jatah kursi penumpang hingga 1.542 seat mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur panjang Idul Adha. Ribuan tempat duduk tambahan ini akan disediakan melalui empat kereta api tambahan yang akan beroperasi pada 9 - 12 September 2016.

Sebab menurut Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiantoro, pihaknya memprediksi puncak liburan akan terjadi pada Sabtu (10/9/2016) sedangkan puncak arus balik pada Senin (12/9/2016). Pada hari-hari itu pula, ia memperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang.

"Kami memprediksi puncak arus liburan dari arah Jakarta ke Cirebon terjadi pada hari Sabtu dan puncak arus balik liburan dari Cirebon ke Jakarta terjadi pada hari senin mendatang," kata Krisbiantoro di Cirebon, Sabtu (10/09/2016).

Itu sebab, kereta tambahan disiapkan untuk menjamin kelancaran dan keamanan pemudik. Lebih lanjut, Krisbiantoro memastikan, jadwal operasi kereta api pada libur panjang ini tepat waktu.

"KA Cirebon Ekspres dan KA Argo Jati fakuktatif dijalankan mulai 9-11 September 2016 sedangkan KA Cirebon Ekspres tambahan dan Argo Jati Tambahan dijalankan tanggal 12 September 2016," terangnya.

KA tambahan yang dijalankan adalah Cirebon Ekspres relasi Cirebon-Gambir berangkat dari Cirebon pukul 16.45 WIB, KA Argo Jati relasi Cirebon-Gambir berangkat dari Cirebon pukul 10.00 WIB (Dijalankan tanggal 09-11 September 2016).

Baca juga:

Sedangkan KA Tambahan yang dijalankan tanggal 12 September 2016 adalah Cirebon Ekspres relasi Cirebon-Pasar Senen berangkat dari Stasiun Cirebon pukul 16.35 WIB dan KA Argo Jati relasi Cirebon-Gambir dari Stasiun Cirebon berangkat pukul 20.50 WIB.

Namun begitu, ia menjelaskan, kini ketersediaan tiket KA tambahan hanya tersisa 20 persen lantaran peningkatan permintaan penumpang sepanjang libur panjang.

"Okupansi penumpang KA Tambahan mencapai 80 persen," imbuhnya.




Editor: Nurika Manan

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!