Gunung baru jari di Nusa Tenggara Barat meletus, Selasa (27/09). (Foto: KBR/Zaenudin S.)



KBR, Bali- Sejumlah penerbangan internasional di Bandara Internasional Ngurah Rai dibatalkan akibat meletusnya gunung baru jari di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Juru  Bicara bandara Internasional Ngurah Rai, Awaludin mengatakan tiga maskapai yang membatalkan penerbangan yaitu Jet Star, Virgin Air dan Tiger Air. lima penerbangan itu dari Australia dengan tujuan Denpasar.

"Hanya penerbangan internasional, tapi untuk penerbangan domestik belum ada permintaan pembatalan penerbangan terkait alasan hanya mengantisipasi saja mereka dengan adanya informasi yang diterima terkait erupsi gunung Barujari jadi hanya mengantisipasi," ujar Juru  Bicara bandara Internasional Ngurah Rai, Awaludin, Selasa (27/09).

Lima jadwal penerbangan itu diantaranya Jet Star JQ 37 dari Sydney, JQ 116 dari Perth, JQ 57 dari Brisbane dan JQ 127 dari Adelaide.
Kata dia satu kali penerbangan itu membawa sekira 170 penumpang. Untuk penumpang yang dibatalkan akan ada penjadwalan ulang di maskapai masing-masing. 


Anak Gunung

Gunung Baru Jari yang merupakan anak gunung Rinjani di pulau Lombok, NTB dilaporkan kembali meletus pada Selasa (27/9) pukul 14:45 Wita. Aktifitas Gunung Baru Jari meningkat dengan amplitudo sebesar 52 dengan ketinggian letusan mencapai 2000 meter dari puncak gunung Baru Jari. Abu vulkanik condong ke arah barat daya. Karenanya, masyarakat di sekitar Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan kota Mataram diminta waspada dengan menggunakan masker ketika terjadi hujan debu.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Muhammad Rum  mengatakan, semburan abu vulkanik gunung Baru Jari juga mengarah ke Lombok International Airport (LIA).

“Dia meletus jam 14:45 Wita yang lalu. Abunya setinggi dua meter ke atas tapi Alhamdulillah abunya memencar kemana-mana tidak terlalu fokus walaupun sebagian larinya ke bandara juga. Tapi kita kembalikan kepada otoritas bandara apakah ditutup atau tidak. Saya baru kontak dengan bagian penjaga pos gunung api yang ada di Sembalun itu saya tanyakan belum ada prediksi akan terjadi letusan lagi. Jadi ini  kejadian seperti ketika MTQ kemarin mungkin periodenya seperti itu," katanya.


Ia mengatakan, letusan Gunung Baru Jari ini kemungkinan sama seperti yang terjadi pada saat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional yang digelar bulan Juli hingga Agustus lalu. Selain itu, belum ada keterangan lebih lanjut terkait penyebab letusan ini.

BPBD akan segera menurunkan tim ke lokasi untuk memantau aktifitas Gunung Baru Jari. Selain itu, p  tetap melakukan antisipasi terjadinya hujan debu dengan menyiapkan masker. Saat ini, stok masker di BPBD sebanyak 55 ribu buah dan di Dinas Kesehatan NTB juga tersedia 250 ribu buah masker.


Editor: Rony Sitanggang

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!