BPBD Aceh Besar Kesulitan Atasi Karhutla di Gunung Seulawah

"Lokasinya di kaki Gunung Seulawah, dampaknya petugas kesulitan mencari sumber air terdekat di situ,” kata Juru Bicara BPBD Aceh Besar, Muhammad Iqbal.

Kamis, 09 Agus 2018 16:44 WIB

Para petugas berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Gunung Seulawah, Aceh, (09/08). (Foto: Erwin Jalaludin).

KBR, Aceh- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh kesulitan mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Hutan Lindung Gunung Seulawah. Juru Bicara BPBD Aceh Besar, Muhammad Iqbal mengatakan, pemadaman terkendala minimnya sarana dan prasarana di lokasi kebakaran.

Iqbal mengungkapkan, peralatan yang digunakan belum mampu menjangkau seluruh titik panas yang tersebar di kaki gunung tersebut. Selain itu, kata Iqbal, petugas BPBD yang dibantu TNI/Polri kesulitan memperoleh sumber air, karena medan yang terbakar berada di perbukitan terjal.

"Memang tidak ada cara lain, kecuali kita water booming dari udara. Kalau itu memang sudah ke level parah, tentu gak ada cara lain. Lokasinya di kaki Gunung Seulawah, dampaknya petugas kesulitan mencari sumber air terdekat di situ,” kata Iqbal kepada KBR, Kamis, (09/08).

Ia menambahkan, petugas gabungan sekarang hanya mampu sebatas membentengi area terbakar agar kobaran api tidak menyebar. Sementara untuk pemadaman secara total, kata dia, belum bisa dilakukan secara maksimal.

Sebelumnya seluas 100 Hektare areal tanaman pinus dikawasan Hutan Lindung Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, terbakar, kemarin. Kebakaran hutan dan lahan ini diduga akibat kelalaian masyarakat yang membakar sampah di lokasi mudah terbakar.

 

Editor: Adia Pradana

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

Pemerintah sebagai pengemban amanah konstitusi harus yakin dan percaya diri dalam mengendalikan konsumsi rokok. Konstitusi mengamanahkan agar konsumsi rokok diturunkan demi kesehatan masyarakat.