BERITA

BMKG Medan Deteksi Puluhan Titik Panas

BMKG Medan Deteksi Puluhan Titik Panas

KBR, Medan - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mendeteksi puluhan titik panas (hotspot) di Sumatra Utara (Sumut), Selasa (14/8/2018). Menurut prakirawan BBKMG Wilayah I Medan, Lestari Irene Purba ada 21 titik panas yang terpantau dari sensor Modis (satelit Terra dan Aqua). 

"Dengan tingkat kepercayaan diatas 50 persen di wilayah Sumut," kata Lestari. 

Ia melanjutkan, titik panas tersebut berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara (Labura), Padang Lawas Utara (Paluta), dan Samosir.

"Diketahui di Kabupaten Humbang Hasundutan terlihat di tiga kecamatan yaitu Pakkat, Pollung, dan Tara Bintang. Sementara, di Kabupaten Labuhanbatu itu terdapat di Kecamatan Panei Hilir, dan Panei Tengah."

Lalu, titik panas di Kabupaten Labura terdeteksi di Kecamatan Aeknatas, sementara di Kabupaten Paluta terdapat di Kecamatan Dolok Sigompon. Titik Panas di Kabupaten Samosir ada di Kecamatan Harian dan Sitio-tio.

Lestari menyatakan, BBMKG mengimbau masyarakat untuk segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dinas terkait jika di daerahnya ditemukan titik api. 

"Masyarakat agar dapat menjaga lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran liar dan membuang puntung rokok secara sembarangan," pungkas Lestari.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan
  • titik panas
  • Medan
  • BMKG
  • hotspot
  • Sumatra Utara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!