Karhutla, BPBD Banyuwangi Deteksi 8 Titik panas di Gunung Merapi

"Satu di Glenmore mungkin ada pembakaran bekas tanaman tebu yang sudah dipanen itu. Kemudian di Wongsorejo. Tadi malam dari Desa Watukebo itu memang kelihatan ada titik api,”

Selasa, 01 Agus 2017 09:44 WIB

Ilustrasi: Karhutla

KBR, Banyuwangi- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Jawa Timur, mendeteksi 8 titik  panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan di wilayah Banyuwangi. Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi Eka Muharram mengatakan, 18 titik panas  itu satu titik terdeteksi di wilayah Kecamatan Glenmore dan 7 titik panas lainya berada di kawasan Kecamatan Wongsorejo    pegunungan Merapi Ungkup.

Kata Eka, belum diketahui persis apa  penyebab kebakaran dan berapa luas lahan yang terbakar, karena saat ini petugas gabungan dari  BPBD Banyuwangi, Polisi Hutan dan petugas perhutani sedang menuju lokasi.

Beberapa  titik panas itu tersebar di petak 14 kawasan pemangku hutan  (KPH) Perhutani Wilayah  Banyuwangi Utara.

“Hari ini itu sudah ada 8 titik api. Tetapi kalau lokasi 8 titik api, satu di Glenmore mungkin ada  pembakaran bekas tanaman tebu yang sudah dipanen itu. Kemudian di Wongsorejo. Tadi malam dari Desa Watukebo itu memang kelihatan ada titik api,” kata Eka Muharram   (01/08).

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi Eka Muhharam menambahkan, berdasarkan pemantauan dari citra satelit  8 titik panas di dua wilayah itu, masih jauh dari permukiman. Akan tetapi petugas gabungan  tetap  melakukan pemadaman. Sebab jika dibiarkan akan   meluas mengingat musim kemarau masih cukup lama.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas

  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres
  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil

Pemerintah Kaji Rencana Impor Garam Industri untuk 2018

  • Terancam Pelebaran Jalan, Makam Ragasemangsang Diusulkan Jadi Cagar Budaya
  • Ozil Segera Perpanjang Kontrak?
  • Paus Resmikan Pernikahan Pasangan di Atas Pesawat

Memberdayakan masyarakat bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya seperti apa yang dilakukan anak-anak muda asal Yogyakarta ini melalu platform digital yang mereka namai IWAK.